Upaya pemerintah Desa dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat prasejahtera menjadi masyarakat sejahtera: Penelitian tentang tingkat perekonomian masyarakat di Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang

Noermaidha, Ayu (2018) Upaya pemerintah Desa dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat prasejahtera menjadi masyarakat sejahtera: Penelitian tentang tingkat perekonomian masyarakat di Desa Licin Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang program –program yang dapat merubah status masyarakat terutama bagi masyrakat yang memiliki keterbatasan baik dalam hal perekonomian maupun pendidikan yang menjadikan mereka tidak mempunyai penghasilan. Selain itu, minimnya keahlian menjadi penghambat daya saing dalam dunia kerja sehingga mereka tidak dapat bekerja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, mekanisme dan cara pengembangannya, serta bagaiman hasil yang didapat dengan adanya program tersebut. Terutama bagi meningkatkan pendapatan masyarakat prasejahtera menjadi masyarakat yang sejahtera, baik dari segi perekonomian, kesehatan dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural dari Talcott Parson. Asumsi dasar teori ini adalah bahwa semua elmen atau unsur kehidupan masyarakat harus berfungsi atau fungsional sehingga masyarakat secara keseluruhan bisa menjalankan fungsinya dengan baik agar tidak menyebabkan ketidakseimbangan dan pada gilirannya akan menciptakan perubahan pada bagian yang lain. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang dalam meneliti daari status kelompok manusia, suatuobjek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun kilas peristiwa masa sekarang, dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini, mencoba atau menganalisis hasil penelitian dengan memusatkan perhatian pada masalah –masalah yang ada pada saat penelitian dilakukan, dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat tujuh program pemberdayaan yang didukung oleh BUMDES. Yaitu, usaha pengaliran air pegunungan, peningkatan kapasitas home industry, kewirusahaan, PTPST, kelompok pengrajin, pengelolaan lahan, dan pembinaan. serta mekanisme pengembangannya yang sangat baik dengan menggunakan empat tahapan yaitu, tahap sosialisasi, tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, dan tahap penyerahan hasil bagi berjalannya program tersebut. Pencapaian yang memuaskan bagi masyarakat, memberikan pengaruh positif , dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Sehingga masyarakat prasejahtera dapat meningkatkan status sosial dimasyaraktnya dan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan adanya program tersebut membuat masyarakat menjadi lebih mandiri dan mempunyai keahlian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program; Masyarakat; Lembaga; Perekonomian;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ayu Noermaidha
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:45
Last Modified: 18 Feb 2019 06:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item