Pengembangan pembelajaran nahwu di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Muizzudin, Muhammad (2018) Pengembangan pembelajaran nahwu di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Dari kajian dokumen tentang desain pembelajaran nahwu yang disusun nampak masih sederhana pada uraian komponen-komponen pembelajaran sebagai suatu system pembelajaran. Pembelajaran nahwu di UIN SMH Banten diperlukan suatu pengembangan yang memadai untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran nahwu di program studi pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk melakukan pengembangan pembelajaran nahwu di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN SMH Banten. Adapun tujuan penelitian secara khusus adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui kondisi objektif pembelajaran nahwu yang digunakan. (2) Mengetahui model pembelajaran nahwu yang dikembangkan. (3) Mengetahui implementasi pembelajaran nahwu yang dikembangkan. (4) Mengetahui keunggulan dan keterbatasan dari model pembelajaran nahwu yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Resource and development (R&D). Data dalam penelitian ini adalah dokumen, hasil observasi, hasil wawancara, angket, dan hasil tes. langkah-langkah dalam desain penelitian pengembangan,yaitu: (1) Mengumpulkan informasi (2) Perencanaan. (3) Uji lapangan dan revisi. (4) Revisi produk akhir. Dan (5) Diseminasi dan implementasi. Hasil Penelitian ditemukan, antara lain (1) kondisi objektif pembelajaran nahwu di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN SMH Banten, yaitu: (a) Desain pembelajaran Nahwu yang disusun pengampu masih terbatas dalam uraian komponen-komponen pembelajaran. (b) Proses pembelajaran nahwu yang dilakukan diperoleh rata-rata 56,6 % dalam kategori cukup baik. (c) Evaluasi pembelajaran nahwu yang dilakukan diperoleh rata-rata 75,836 % dalam kategori baik. (d) Sumber daya pembelajaran nahwu yang mengampu terdiri 5 orang dengan kualifikasi pendidikan S3: 1orang, S2: 4 orang dikategorikan baik sesuai dengan rasio antara 1:45 menurut PDPT Forlap Dikti . (e) Penentuan analisis komponen-komponen pembelajaran yang disusun menunjukkan masih membutuhkan pengembangan diwujudkan dalam bentuk model desain pembelajaran yang representatif dengan nilai rerata yang diakumulatifkan sebesar 67,96 dalam kategori butuh, karena pada posisi standar nilai antara 61 – 80 pada kategori butuh. (2) Model pembelajaran nahwu yang dikembangkan adalah pengembangan desain pembelajaran nahwu berupa silabus, SAP dengan menganut desain Dick & Carey. (3) Implementasi pembelajaran Nahwu menunjukkan hasil antara pre-tes dan post-tes yang dicapai (t) table dengan taraf signifikansi 5 % adalah 1,70. Dengan demikian t hitung (th): 6,165 dengan t tabel (tt): 1,70, berarti th lebih besar dari pada tt (th 6,165 > tt 1,70), maka terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan antara variable X (pengembang model design pembelajaran Dick & Carey) dengan variable Y (Hasil Pembelajaran Nahwu). Berdasarkan perhitungan tersebut, maka ditolak (Ho) hipotesis yang tidak terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan antara variable X dengan variable Y dan diterima (Ha) terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dengan variable Y. (4) Secara umum kelebihan pembelajaran Nahwu adalah sistematika dalam penyusunan perencanaan pembelajaran pada setiap langkahnya sangat teratur, dan proses pelaksanaannya berjalan efektif dan efesien. Adapun keterbatasannya secara umum langkah-langkah perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Nahwu; Model; Desain;
Subjects: Education > Ethical Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: randi alhamidi
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:45
Last Modified: 20 Feb 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item