Pemberdayaan masyarakat melalui badan usaha milik desa studi kasus di Desa Cikawung Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya

Risniwati, Risniwati (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui badan usaha milik desa studi kasus di Desa Cikawung Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMD) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Ada beberapa permasalahan yang berusaha di ungkap oleh peneliti, bagamana kondisi masyarakat sebelum pelaksanaan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), bagamana strategi pelaksanaan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), apa hasil dari pemberdayaan melalui Badan Usaha Milik Desa. Adapun tujuan penelitianya adalah, untuk mengetahui kondisi masyarakat sebelum pelaksanaan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), untuk mengetahui bagamana strategi pelaksanaan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), dan untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan melalui Badan Usaha Milik Desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jim Ife yakni perencanaan dan kebijakan (policy and planning) untuk mengembangkan perubahan struktur dan institusi sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengakses berbagai sumber kehidupan untuk meningkatkan taraf kehiduapan, Aksi sosial dan politik (social and political action) diartikan agar sistem politik yang tertutup diubah sehingga memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi. Adanya keterlibatan masyarakat secara politik membuka peluang dalam memperoleh kondisi keberdayaan. Peningkatan kesadaran dan pendidikan masyarakat atau kelompok masyarakat tertentu seringkali tidak menyadari penindasan yang terjadi pada dirinya. Kondisi ketertindasan diperparah dengan tidak adanya skil untuk bertahan hidup secara ekonomi dan social. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif dengan data Kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan terhadap objek kajian yang diteliti. Dengan metode penelitian ini di harapkan mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik. Selain itu, juga memberikan kemudahan bagi peneliti dalam menjalankan proses penelitian yang akan dijalankan dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian, pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa memberikan manfaat yang positif bagai masyarakat Desa Cikwung diantarany: Pertama, keringanan bahan pokok dan mendapat layanan pemerintah, Kedua, Penguatan kelembagaan, pengsosialisasian dan musyawarah, pelatihan dan pelaksanaan dalam menjalankan program pemeberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMD). Ketiga, hasil dari pemberdayaan melalui Badan Usaha Miik Desa (BUMD) yakni mampu menciptakan usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), jual beli beras dan telur, Sundamie, makanan ringan, dan keringanan dalam penjualan gas lpg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Badan Usaha Milik Desa; Penyuluhan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Risniwati Risniwati
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:17
Last Modified: 28 Feb 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item