Pengaruh bimbingan keagamaan orang tua terhadap ketaatan beribadah anak pada siswa kelas V SDN Sayuran 5 Kecamatan Bandung Kulon

Rofifah, Isni Nur (2016) Pengaruh bimbingan keagamaan orang tua terhadap ketaatan beribadah anak pada siswa kelas V SDN Sayuran 5 Kecamatan Bandung Kulon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi era globalisasi dengan teknologinya yang bisa membuat orang tua lupa untuk dapat memberikan bimbingan keagamaan pada anak secara baik dan benar. Sehingga perlu diadakan penelitian mengenai bimbingan orang tua dalam keagamaan karena hal tersebut dapat berpengaruh pada ketaatan beragama siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan bimbingan oleh orang tua dalam keagamaan terhadap siswa di kelas V SDN Sayuran 5 Kecamatan Bandung Kulon, serta realitas ketaatan beribadah, dan pengaruh bimbingan oleh orang tua terhadap ketaan beribadah siswa di kelas V SDN Sayuran 5 Kecamatan Bandung Kulon tersebut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan berupa pengetahuan, pengalaman, informasi dan pemberian petunjuk mengenai kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh orang tua pada anak di usia dini akan mendorong ketaatan beribadah anak baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistika deskriptif, yaitu metode penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bimbingan orang tua berdasarkan data bahwa bimbingan orang tua memiliki mean 57. Artinya jika dilihat dari teoritis maka bimbingan orang tua menurut siswa berada pada kategori tinggi dengan rentang 53 ≤ X. Artinya bahwa ada pengaruh terhadap ketaatan beribadah siswa. Lalu selanjutnya ketaatan beribadah siswa memiliki Mean empiris diperoleh nilai sebesar 53,67 yang apabila diletakkan kedalam ukuran mean teoritis, maka berada dalam kategori tinggi yaitu rentang 53 ≤ X . Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ketaatan beribadah pada siswa kelas kelas V SDN Sayuran 5 Kecamatan Bandung Kulon berada pada kategori tinggi yaitu 66,66 %. Pengaruh Bimbingan orang tua terhadap ketaatan beirbadah siswa. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa nilai koefisien determinasi (R-Square) adalah sebesar 15,6%. Hal ini menunjukan bimbingan orang tua memberikan kontribusi pengaruh terhadap ketaatan beribadah sebesar 18,1%, sedangkan sisanya merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari bimbingan keagamaan orang tua terhadap ketaatan beribadah siswa kelas V SDN Sayuran 5 Bandung Kulon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagaamaan; Ketaaatan Beribadah; Koefisien; Determinan;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:37
Last Modified: 21 Feb 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item