Citizen Journalism di Twitter : studi deskriptif kualitatif Mengenai Penerapan Citizen Journalism Anggota Komunitas Blogger Bandung Melalui Twitter

Rosidah, Siti (2017) Citizen Journalism di Twitter : studi deskriptif kualitatif Mengenai Penerapan Citizen Journalism Anggota Komunitas Blogger Bandung Melalui Twitter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, citizen journalism semakin memiliki kontribusi yang besar di media massa. Kemajuan teknologi membuat setiap orang dapat merekam dan mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Peristiwa-peristiwa tersebut kemudian dicatat dalam media-media sederhana seperti handphone, kamera, atau handycam yang mereka miliki. Proses dimana seseorang yang bukan berasal dari jurnalis profesional namun memberikan kontribusi pada media disebut citizen journalism. Twitter.com merupakan sebuah situs jejaring sosial yang dewasa ini berubah fungsi menjadi media citizen journalism. Banyak berita-berita penting yang menyangkut orang banyak seperti kecelakaan bencana alam, politik, dan lain-lain tersebar luas kepada semua orang diseluruh penjuru dunia melalui Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai cara mengumpulkan berita dan informasi, cara memproses atau melaporkan berita dan informasi, serta cara mempublikasikan berita dan informasi yang diterapkan oleh anggota Komunitas Blogger Bandung di Twitter. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penjelasan Shayne Bowman dan Chris Willis tentang citizen journalism sebagai acuan, bahwa citizen journalism dilakukan oleh anggota masyarakat yang tidak mengalami pelatihan maupun pendidikan jurnalisme profesional, di mana mereka mampu memanfaatkan peralatan teknologi modern di dalam prosesnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan analisis dokumen berupa halaman atau page account Twitter dengan informan dari anggota Komunitas Blogger Bandung yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil penelitian dan kesimpulan yang menunjukkan bahwa di Twitter, anggota Komunitas Blogger Bandung dapat mencari, melaporkan dan menyebarkan berita dan informasi yang berbeda-beda sesuai dengan minat dan ketertarikannya masing-masing. Dalam mendapatkan sebuah berita dan informasi, anggota Komunitas Blogger Bandung mendapatkannya dari pandangan mata langsung atau dari akun yang diikuti. Selain itu, sebelum menyebarkan berita dan informasi kepada pengikutnya atau followers di Twitter, anggota Komunitas Blogger Bandung akan mengecek atau mengkonfirmasi atas kebenaran berita tersebut agar tidak terjadi penyebaran berita palsu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Blogger; Media Diskusi; Reporter Awam;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:05
Last Modified: 06 Mar 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item