Pengaruh penerapan strategi generative learning pada pembelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah terdapat hasil belajar mereka: Penelitian di kelas X SMA Negeri 26 Bandung

Hoeruddin, Muhammad (2017) Pengaruh penerapan strategi generative learning pada pembelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah terdapat hasil belajar mereka: Penelitian di kelas X SMA Negeri 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

yakni ditemukan hasil belajar siswa yang tidak merata dan masih banyak siswa yang tidak mencapai nilai KKM setelah pembelajaran menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran PAI. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni apakah penerapan strategi pembelajaran Generative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan strategi Generative Learning pada pembelajaran PAI (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) pengaruh strategi pembelajaran Generative Learning terdapat hasil belajar siswa. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa makin tepat model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar, maka akan efektif pula proses pembelajaran yang digunakan sehingga berpengaruh positif terhadap hasil belajar mereka, pembelajaran akan efektif apabila seluruh siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang menuntut partisipasi aktif siswa adalah Generatif Learning. Sehubungan dengan pemikiran tersebut maka penelitian ini beranjak dari hipotesis, yakni terdapat pengaruh penerapan strategi Generatif Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design menggunakan dua kelas yang telah ada sebagai sampel, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif yaitu berupa test. Tes diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Sedangkan untuk menganalisis dan cara pengolahan data dilakukan dengan teknik statistik. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran Generative Learning pada mata pelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah menunjukan kategori baik, hasil observasi sebesar 84% (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan. rata-rata pretest & posttest kelas eksperimen 41,68 & 85,93, adapun kelas kontrol rata-rata pretest & posttest 37,46 & 60,84 dan gain 0,75 termasuk kategori tinggi (3) Penerapan strategi Generative Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 26 kota Bandung, dimana nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 85,93 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 60,84 dengan selisih rata-rata nilai sebesar 25,09, terbukti signifikan karena Zhitung = 4,88 > dari Ztabel = 1,64 pada taraf signifikan 5%,rata-rata peningkatan gain kelas control sebesar 0,37 termasuk kedalam peningkatan sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,75 termasuk kedalam peningkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi generative learning; materi berbusana muslim dan muslimah;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad hoeruddin
Date Deposited: 26 Feb 2019 07:03
Last Modified: 26 Feb 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item