Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jasa rekening bersama Komunitas Lovebird Indonesia Paris Van Java bandung (REKBER KLI-PVJ) dalam jual beli online

Itsbatullah, Mohammad Rifqi (2018) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jasa rekening bersama Komunitas Lovebird Indonesia Paris Van Java bandung (REKBER KLI-PVJ) dalam jual beli online. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pasar tentang jual beli burung lovebird dapat dikatakan memiliki laju yang pesat pada saat ini, jual beli burung lovebird online memiliki jangkauan pasar yang sangat luas baik antara kota maupun antar pulau bahan antar negara. Hal tersebut menimbulkan kehawatiran terdapat resiko saat bertransaksi. Sehingga muncul inisiasi di komunitas-komunitas tersebut untuk membuat fasilitas jasa rekening bersama. Rekening bersama (rekber) adalah jasa pihak ketiga yang termasuk kedalam salah satu rangkaian dari sistem jual beli online untuk menjamin keamanan dan kenyamanan baik penjual maupun pembeli dalam bertransaksi. Salah satu komunitas yang memfasilitasi adanya rekber adalah Komunitas Lovebird Indonesia Paris Van Java Bandung (REKBER KLI-PVJ). Tujuan penelitian inibertujuan untuk mengetahui (1) akad dalam rekber di (KLI-PVJ). (2) Untuk mengetahui keuntungan dan kerugian pada rekber (KLI-PVJ). (3) Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pembiayaan fee pada transasi di rekber (KLI-PVJ). Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah Bahwa dalam segala sesuatu yang berkaitan dengan hubunganinteraksi khususnya jual beli, pada dasarnya harus sesuai dengan kebijakan-kebijakan dan memegang acuan hukum ekonomi syariah. Karena pada prinsipnya ekonomi syariah berbeda dengan ekonomi konvensional. Dalam hal ini, bahwa asas dan prinsip hukum ekonomi syariah merupakan acuan utama yang sangat penting dalam jual-beli agarr terhindar dari kegiatan yang terlarang seperti maisir, gharar, riba. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka yang bersifat deskriptif analitik. Yang menggunakan pendekatan kualitatif terhadap objek permasalahan dengan ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan norma-norma hukum ekonomi syariah yang berdasar pada Al-quran dan Hadits serta aturan e-commers dan rekening bersama. Hasil penelitian ini, dapat disimpuulkan bahwa akad yang digunakan adalah akad ijarah a’mal yaitu akad yang bersifat pekerjaan, dengan cara memperkerjakan seseorang untuk melakukan pekerjaan jasa yang didalamnya terdapat juga akad Wadi’ah. Akad Wadi’ah yang digunakan adalah akad Wadi’ah yad Amanah, akad titipan dimana pihak rekber yang dititipi harus menanggung kerugian. Keuntungan pada rekber (KLI-PVJ) membuat transaksi jual beli online lebih aman dan nyaman. Kerugian dari rekber (KLI-PVJ) adalah tidak adanya garansi atau jaminan untuk mengembalikan burung sebagai objek jual beli apabila kriteria tidak sesuai dengan yang disebutkan pihak penjual pada saat awal transaksi. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pembayaran fee pada rekber (KLI-PVJ) adalah sebagai imbalan atas jasa pekerjaan dan tidak bertentangan dengan hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Ijarah; Wadiah; Rekening Bersama;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: mohammad rifqi itsbatullah
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:12
Last Modified: 27 Feb 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item