Pengaruh kegiatan muhadharah terhadap kemampuan khitabah santri: Penelitian di Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Bina Insan Mulia Al-Mawahib Desa Cangkuang, Kec.Cangkuang, Kab.Bandung

Rabbani, Muhammad Haydar (2018) Pengaruh kegiatan muhadharah terhadap kemampuan khitabah santri: Penelitian di Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Bina Insan Mulia Al-Mawahib Desa Cangkuang, Kec.Cangkuang, Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_Bab 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah dilakukan dengan berbagai macam metode salah satunya yaitu menggunakan cara berkhitabah atau ceramah. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dan para penerusnya termasuk para dai yang hingga saat ini aktif berdakwah tidak hanya di acara pengajian saja, namun diberbagai forum seperti tabligh akbar yang ditayangkan di TV ataupun melalui diskusi ilmiah keagamaan seperti yang dilakukan oleh Dr.Zakir Naik. Bagi calon penerus da’i yang ada saaat ini salah satunya adalah para santri tentunya harus memiliki kemampuan ber-khitabah yang baik dan mumpuni. Dalam rangka mempersiapkan para da’i yang mempunyai kemampuan khitabah yang baik maka dilakukan berbagai macam pola pelatihan khitabah seperti muhadharah yang biasa dilakukan di pesanten di Indonesia. Salah satunya seperti yang dilaksanakan di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bina Insan Mulia Al-Mawahib. Tujuan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bina Insan Mulia Al-Mawahib dan mengetahui bagaimana kemampuan khitabah santri setelah mengikuti kegiatan muhadharah yang dilaksanakan dan mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan muhadharah terhadap peningkatan kemampuan khitabah santri Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bina Insan Mulia Al-Mawahib. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh komunikasi, yang menjelaskan bahwa komunikasi dapat berjalan efektif jika pesan yang disampaikan oleh komunikator memberikan dampak terhadap komunikan. Metode yang dlakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menjabarkan secara rinci apa yang terjadi di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif sehingga hasil akhir dalam penelitian ini dapat diukur dengan angka. Teknik penumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik obsevasi, wawancara dan angket yang disebar kepada responden. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan muhadharah mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kemampuan khitabah santri diukur dari hasil perhitungan koefisien korelasi antar dua variabel tersebut berada di angka 0,0645. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan kemampuan khitabah santri Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Bina Insan Mulia Al-Mawahib. Maka dari itu, kegiatan muhadharah menjadi salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan santri dalam berdakwah dengan cara bil-khitabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Muhadharah; kemampuan; Khitabah;
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Haydar Rabbani
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:30
Last Modified: 27 Feb 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item