Gaya hidup konsumtif di kalangan buruh pabrik: Penelitian di lingkungan masyarakat Desa Dawuan Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang

Malik, Irham Khusnul (2019) Gaya hidup konsumtif di kalangan buruh pabrik: Penelitian di lingkungan masyarakat Desa Dawuan Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola dan gaya hidup konsumtif masyarakat Desa Dawuan Barat yang sebelumnya terkenal dengan perilaku hidup yang sederhana karena adanya industrialisasi yang berkembang di Kecamatan cikampek pada tahun 2000 an menjadikan berubahnya pola pekerjaan dan juga pola hidup masyarakat Desa Dawuan Barat kearah yang konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola perilaku konsumtif buruh, faktor apa saja yang melatarbelakangi Terjadinya perilaku konsumtif buruh, dan cara masyarakat buruh di Desa Dawuan Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang bertahan dalam gaya hidup konsumtifnya. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial Max Webber dalam teorinya Webber memperkenalkan istilah versthen untuk memahami makna tindakan seseoarang, berasumsi bahwa seseoarang dalam bertindak tidak hanya sekedar melaksanakanya tetapi juga menempatkan diri dalam lingkungan berfikir dan perilaku orang lain. Konsep pendekatan ini lebih mengarah pada suatu tindakan bermotif pada tujuan yang hendak dicapai atau in order to motive. Hal ini menggambarkan pola perilaku konsumtif masyarakat di Desa Dawuan Barat merupakan tindakan sosial yang hendak dicapai yaitu mengharapkan pengakuan dari masyarakat bahwa mereka yang berperilaku konsumtif adalah buruh yang berada. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data primer ini diperoleh dari lapangan, baik dari hasil observasi partisipan maupun wawancara langsung dengan informan masyarakat buruh Desa Dawuan Barat. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari referensi buku, jurnal, surat kabar, internet dan lain-lain yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk pola konsumtif masyarakat di pengaruhi oleh pola aspek pembelian implusif, pola aspek pembelian tidak rasional, dan pola aspek pembelian berlebihan. Faktor peilaku konsumtif masyarakat desa dipengaruhi oleh Faktor lingkungan budaya, sosial citra diri, faktor latah ikut-ikutan, faktor pekerjaan atau ekonomi. Masyarakat buruh Desa Dawuan Barat membuka usaha mata pencaharian baru dan Memanfaatkan media sosial sebagai upaya agar terus melakukan gaya Hidup konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Konsumtif; Buruh Pabrik;
Subjects: Adventure, Collected Accounts of Events
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: irham paratis paratis
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:29
Last Modified: 06 Mar 2019 02:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item