Mobilitas sosial masyarakat pasca keberadaan pasar modern: Penelitian di Fajar Toserba Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

Riyanto, Feni Fitriyani (2018) Mobilitas sosial masyarakat pasca keberadaan pasar modern: Penelitian di Fajar Toserba Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modern merupakan inovasi tempat berbelanja yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhanya. Toserba Fajar merupakan Pasar modern satu-satunya terbesar di Kecamatan Talaga yang telah menggeser eksistensi pasar tradisional, Toserba singkatan dari Toko Serba Ada yang artinya di toko tersebut menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat dengan tempat yang aman dan nyaman. Sehingga membuat masyarakat lebih tertarik untuk berbelanja ke pasar modern di bandingkan pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mendorong masyarakat lebih memilih pasar modern di bandingkan pasar tradisional, Dampak keberadaan pasar modern terhadap mobilitas sosial masyarakat serta Bentuk mobilitas yang terjadi di masyarakat kecamatan Talaga kabupaten Majalengka. Dalam teori Modernisasi (Pertumbuhan Ekonomi) Rostow, terdapat lima tahap yaitu masyarakat tradisional, Tahap prasyarat tinggal landas, Tahap Tinggal landas, Tahap menuju kedewasaan. Pada penelitian ini tahapan teori tersebut hanya pada tahapan ke tiga yaitu tahap tinggal landas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini untuk meneliti pada suatu objek yang alamiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi baik keadaan maupun kondisinya yang ada di Toserba Fajar Desa Talagawetan Kecamatan Talaga kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pada pihak terkait. Sumber data primer diperoleh dari penelitian lapangan sedangkan data sekunder dari studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian Toserba Fajar Talaga merupakan pasar yang di bangun pada tahun 2012, Faktor masyarakat lebih memilih toserba Fajar di bandingkan pasar tradisional karena Toserba Fajar menyediakan sarana dan fasilitas yang modern dan aman untuk masyarakat . Dampak dari adanya pasar modern tidak hanya berdampak negatif saja, juga ada dampak positif. Salah satu dampak positifnya yaitu memberikan kemudahan bagi konsumen dalam berbelanja misalnya seperti tersedianya layanan online. Sedangkan dampak negatifnya masyarakat menjadi konsumtif dan gaya hidup masyarakat mengalami perubahan sehingga membuat pedagang pasar tradisional mengalami penurunan pendapatan. Adapun Bentuk mobilitas yang terjadi di masyarakat tergolong pada Mobilitas Horizontal, yaitu perubahan yang memiliki derajat yang sama sehingga tidak ada penurunan maupun kenaikan kelas, berbeda dengan mobilitas vertikal yakni adanya perubahan di masyarakat karena adanya perubahan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mobilitas Sosial; Pasar Modern
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: feni fitriyani
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:46
Last Modified: 05 Mar 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19172

Actions (login required)

View Item View Item