Pemunculan unsur tradisi dalam novel al-lawn al-akhar karya Ihsan Abdul Quddus: Kajian fenomenologi sastra konsep wolfgang iser

Syahidah, Shofa (2018) Pemunculan unsur tradisi dalam novel al-lawn al-akhar karya Ihsan Abdul Quddus: Kajian fenomenologi sastra konsep wolfgang iser. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang unsur tradisi dalam novel Al-Lawn Al-Ãkhar Karya Ihsan Abdul Quddũs. Novel ini bercerita tentang perpisahan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan budaya antara Mesir dan Sudan. Tokoh dalam novel tersebut adalah Mirfat, seorang gadis Mesir yang menikah dengan Hasan Babakar Faqi, pemuda Sudan yang menuntut ilmu di Universitas Kairo, Mesir. Dari pernikahan tersebut munculah unsur tradisi-tradisi lain, yang di dalamnya muncul beberapa tokoh lain seperti Yasir dan Khadum. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan teks novel Al-Lawn Al-Ãkhar karya Ihsan Abdul Quddũs untuk memberikan penggambaran skematisasi mengenai tradisi dan mengkonkretisasikan penggambaran skematisasi mengenai tradisi tersebut. Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah melalui pendekatan fenomenologi satra konsep Wolfgang Iser dalam menganalisis fenomena tradisi yang terdapat dalam novel Al-Lawn Al-Ãkhar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa dari proses penggambaran mengenai tradisi yang telah dipaparkan pada pembahasan mengenai skematisasi, dalam novel ini ada beberapa tradisi yang ternyata pada satu tradisi menimbulkan tradisi-tradisi lainnya. Seperti tradisi pernikahan, setelah pernikahan muncul tradisi pesta adat pernikahan, memakai Henna, memakai Krim, melakukan Khitan, sampai tradisi yang mengatur segala aktifitas sehari-hari. Kemudian tahap selanjutnya yaitu tahap tindakan konkretisasi, bahwa dalam penelitian ini peneliti melakukan tindakan konkretisasi terhadap teks dalam novel Al-Lawn Al-Ãkhar yang menggambarkan tradisi berdasarkan unsur tradisi yang muncul, seperti fenomena tradisi pertama yang muncul yaitu tradisi pernikahan, kedua tradisi pesta pernikahan, ketiga tradisi memakai Henna bagi pengantin wanita, keempat tradisi memakai krim Amka atau Ladhuka, kelima tradisi khitan bagi pengantin wanita, keenam tradisi yang mengatur dalam aktifitas sehari-hari. Dari tindakan konkretisasi tersebut di dapat hasil berupa respon-respon dari tokoh dalam menghadapi tradisi-tradisi tersebut. Ada tradisi yang menurut tokoh tidak sesuai dengan dirinya dan tidak mencerminkan kebebasan, seperti tradisi pernikahan, tradisi khitan, dan tradisi yang mengatur dalam aktivitas sehari-hari. Namun ada juga tradisi yang menggembirakan dan terlihat lebih menarik, seperti tradisi pesta pernikahan, tradisi memakai Henna, tradisi memakai krim Amka atau Ladhuka, dan tradisi memakai minyak Dilka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Novel Arab; pernikahan; unsur tradisi; tradisi sebuah fenomena;
Subjects: Arabic
Literature
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: shofa syahidah
Date Deposited: 06 Mar 2019 03:16
Last Modified: 06 Mar 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item