Keterampilan motorik kasar anak usia dini: Kuasi eksperimen di PAUD Kemas Mandiri Sejahtera dan PAUD Khoerul Anwar Ciaruteun Udik Cibungbulang Kabupaten Bogor

Apriloka, Dinita Vita (2018) Keterampilan motorik kasar anak usia dini: Kuasi eksperimen di PAUD Kemas Mandiri Sejahtera dan PAUD Khoerul Anwar Ciaruteun Udik Cibungbulang Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan motorik kasar, hal ini dibuktikan dari aktivitas anak yang lebih banyak diam yang dipengaruhi oleh gadget dan orangtua menuntut kegiatan pembelajaran calistung. Hal ini berdampak pada kemampuan motorik kasar anak yang kurang diperhatikan oleh sekolah dan orangtua. Sehingga kurang terlatihnya otot-otot motorik terutama keterampilan motorik kasar anak. Maka dari itu perlu adanya suatu kegiatan yang dapat melatih fisik dan otot-otot anak terutama pada fisik motorik kasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui permainan bebas di PAUD Kemas Mandiri Sejahtera; 2) Keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui permainan kreatif di PAUD Khoerul Anwar; 3) Peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui permainan bebas di PAUD Kemas Mandiri Sejahtera; 4) Peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia dini melalui permainan kreatif di PAUD Khoerul Anwar; dan 5) Perbandingan keterampilan motorik kasar anak usia dini antara PAUD Kemas Mandiri Sejahtera dengan PAUD Khoerul Anwar. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa dunia anak adalah dunia bermain yang dapat mengembangkan potensi pertumbuhan dan perkembangannya. Dimana permainan bebas merupakan aktivitas bermain sesuai kreativitas anak dalam memilih permainan yang tersedia sedangkan permainan kreatif merupakan aktivitas bermain yang memiliki peran atau bermain dengan menggunakan konsep bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperiment Design dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Desain ini merupakan suatu desain penelitian eksperimen yang tidak mengambil sampel secara acak dari populasi tetapi menggunakan seluruh sampel dalam kelompok yang utuh untuk diberi perlakuan. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas A PAUD Kemas Mandiri Sejahtera sebanyak 12 siswa dan kelas A PAUD Khoerul Anwar sebanyak 12 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan motorik kasar anak usia dini menggunakan permainan bebas nilai rata-rata pretest sebesar 72 dengan kategori baik dan posttest sebesar 78 dengan kategori baik. Sedangkan pada permainan kreatif nilai rata-rata pretset sebesar 61 dengan kategori cukup dan posttest sebesar 89 dengan kategori sangat baik. Sedangkan peningkatan (NGain) yang diperoleh dalam permainan bebas 0,23 dengan kriteria rendah dan permainan kreatif 0,72 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan dan dibuktikan dari hasil nilai thitung sebesar 11,73 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,074, atau thitung = 11,73 > ttabel 2,074. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan motorik kasar anak usia dini, antara kelompok yang menggunakan permainan bebas dengan permainan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motorik kasar anak usia dini; PAUD;
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dinita Vita Apriloka
Date Deposited: 04 Mar 2019 09:19
Last Modified: 04 Mar 2019 09:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19228

Actions (login required)

View Item View Item