Partisipasi politik wanita Indonesia di parlemen dan relevansinya dengan pandangan ulama tentang peran wanita dalam politik

Nuraeni, Neni Partisipasi politik wanita Indonesia di parlemen dan relevansinya dengan pandangan ulama tentang peran wanita dalam politik. Al Adliya.

[img]
Preview
Text (Full Text)
07 Neni Nuraeni jurnal partisipasi po pr.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Keterwakilan perempuan di Parlemen tidak memenuhi kuota batas minimal yang ditetapkan undang-undang, yaitu30 %.Tulisan ini menelusuri faktor-faktor yang menjadi kendalanya.Hal lain yang juga dikaji adalah upaya-upaya sistematis yang dilakukan partai politik dalam mempersiapkan pemenuhan kuota perempuan dan mengaitkan semua permasalahan ini dengan fikih legislatif perempuan yang dikemukakan ulama yang diduga memiliki peran dan pengaruh dalam persoalan ini. Adanya anggapan bahwa dunia politik adalah dunianya laki-lakimerupakan salah satu faktor kendalanya. Oleh karenanya perlu upaya sistematis yang perlu dilakukan partai politik dalam memper-siapkan pemenuhan kuota perempuan. Pandangan ulama tentang kedudukan politik kaum wanita memiliki relevansi yang signifikan terkait dengan partisipasi politik perempuan di parlemen, baik relevansi yang bersifat mendukung, maupun yang bersifat menghambat atau menjadi kendala, khususnya bagi partai yang berasas Islam atau berbasis umat Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fikih Legislatif; Kuota Perempuan di Parlemen; Politik
Subjects: Islam > Islam and Politics, Fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: neni nuraeni
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:41
Last Modified: 06 Mar 2019 04:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19231

Actions (login required)

View Item View Item