Pengaruh regulasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Tasawuf Psikoterapi aktif organisasi: Penelitian kuantitatif pada Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi angkatan 2015-2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Umiyati, Umiyati (2018) Pengaruh regulasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa Tasawuf Psikoterapi aktif organisasi: Penelitian kuantitatif pada Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi angkatan 2015-2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Salah satu kebutuhan terpenting manusia adalah pendidikan. Dengan pendidikan manusia mampu meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Peserta didik dalam perguruan tinggi yaitu mahasiswa. Salah satu upaya pengembangan yang dilakukan oleh perguruan tinggi adalah mengembangkan kegiatan mahasiswa dengan adanya organisasi. Organisasi sangat penting untuk mengembangkan keterampilan, kepribadian dan intelektual mahasiswa, untuk terjun kemasyarakat tidak cukup hanya di bidang akademik saja. Ada beberapa aspek pada diri mahasiswa sehingga mampu melaksanakan kedua peran tersebut, salah satu aspeknya adalah regulasi diri. Regulasi diri merupakan salah satu komponen penggerak utama kepribadian manusia sehingga untuk mendapatkan prestasi yang baik tetap bisa dilakukan dengan aktif berorganisasi jadi tidak ada hambatan mahasiswa dalam mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran umumregulasi diri mahasiswa aktif organisasi, gambaran umum prestasi akademik mahasiswa aktif organisasi, dan pengaruh regulasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa aktif Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik regresi. Melalui teknik regresi dapat memperoleh informasi mengenai pengaruh antara variabel X dan Y yang terjadi, yaitu pengaruh antara variabel bebas (X) regulasi diri(prestasi akademik) dengan variabel terikat (Y) aktif organisasi . Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sampel sebanyak 36 orang yakni 10% dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobalitysampling atau sampling tidak acak. Data diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi dengan rumus korelasi pearson product moment, dan uji koefisien korelasi. Berdasarkan hasil penelitianregulasi diri mahasiswa aktif organisasi berada dalam kategori tinggi sebanyak 69,44%, kategori sangat tinggi 26,67% dan prestasi akademik mahasiswa aktif organisasi dalam kategori tinggi 63,89%,sangat tinggi 30,56%. Terdapat pengaruh regulasi diri terhadap prestasi akademik mahasiswa aktif organisasidi jurusan tasawuf psikoterapikategori sedang sebesar 19,9 % sedangkan selebihnya 80,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini yang belum diungkap peneliti. Selain berpengaruh terhadap prestasiakademikterdapat pula pengaruh regulasidiri terhadap karakter tanggung jawab mahasiswa. Regulasi diri berpengaruh membentuk moral, karakter mahasiswasebagai sarana belajar etika, mengidentifikasikan diri, bimbingan dalam memperluas konsep tentang nilai pribadi sehingga memunculkan figur ideal dan diaplikasikan pada karakter lain, seperti kedisiplinan, kejujuran, dan toleransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri; Prestasi Akademik; Aktif Organisasi
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: randi alhamidi
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:30
Last Modified: 11 Mar 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item