Partisipasi komunitas citizen journalism interdependen di media online: Studi deskriptif kualitatif pada komunitas CJI Kota Bandung

Rusana, Desianti Yuyus (2018) Partisipasi komunitas citizen journalism interdependen di media online: Studi deskriptif kualitatif pada komunitas CJI Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Citizen journalism adalah sebuah fenomena aktual yang berkaitan dengan proses penyebaran informasi. Citizen journalism adalah bentuk spesifik dari citizen media dengan konten yang berasal dari publik. Saat ini, perkembangan citizen journalism menyebar luas ke berbagai macam jenis media massa, salah satunya adalah televisi. Televisi adalah salah satu media yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, dimana televisi sudah dianggap menjadi barang kebutuhan premier yang harus dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana para citizen journalist melakukan aktivitas mereka dalam kegiatan citizen journalism, mulai dari pengalaman dalam segala kegiatannya, bagaimana mereka melakukan kegiatan pertukaran informasi mengenai ilmu jurnalistik dan bagaimana mereka memandang keberadaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi yang dikembangan oleh Alfred Schutz. Inti pemikiran Schutz adalah bagaimana memahami tindakan sosial melalui penafsiran. Proses penafsiran dapat digunakan untuk memperjelas atau memeriksa makna yang sesungguhnya, sehingga dapat memberikan konsep kepekaan yang implisit. Schutz meletakkan hakikat manusia dalam pengalaman subjektif, terutama ketika mengambil tindakan dan sikap terhadap dunia kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, Schutz mengikuti pemikiran Husserl, yaitu proses pemahaman aktual kegiatan kita, dan pemberian makna terhadapnya, sehingga ter-refleksi dalam tingkah laku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Sedangkan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa citizen journalist yang bergabung dalam komunitas Citizen Journalism Interdependen memahami profesinya sebagai citizen journalism yang tidak memiliki latar belakang ilmu jurnalistik yang memiliki tujuan menyebarkan informasi yang jarang diekspos oleh media mainstream kepada masyarakat luas yang heterogen dan haus akan informasi melalui media online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nama pembimbing belum masuk
Uncontrolled Keywords: Media Online; Jurnalistik; Citizen Journlism
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communities
Communities > Socialist Communities
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Desianti Yus Rusana
Date Deposited: 11 Mar 2019 03:51
Last Modified: 11 Mar 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item View Item