Musik dan humor dalam ceramah Ust. Agus Salman: Studi tentang Dakwah Bajidor (bareng ngaji bari bodor) di Pondok Pesantren al-Aqsho Jatinangor

Fadilah, Neli (2017) Musik dan humor dalam ceramah Ust. Agus Salman: Studi tentang Dakwah Bajidor (bareng ngaji bari bodor) di Pondok Pesantren al-Aqsho Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB 1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Musik dan humor sangat diminati masyarakat, telah banyak diantara pelaku dakwah memanfaatkan musik dan humor tersebut dalam proses dakwahnya. Ustad Agus Salman menggunakan musik dan humor sebagai sisipan ceramahnya, ia memadukan konsep musik, humor dan ceramah yang dinamakan Bajidor (Bareng Ngajid Bari Bodor). Penelitian dakwah Bajidor ini belum banyak dilakukan, sehingga penting untuk mengkaji lebih dalam tentang dakwah Bajidor ini, untuk mengetahui isi pesan yang disampaikan, untuk mengetahui peran musik dan humor dalam ceramah Ustad Agus Salman serta efektifitas musik dan humor dalam ceramah Ustad Agus Salman Penelitian ini menggunakan konsep efektifitas dakwah, dan tahap perubahan perilaku untuk mengetahui seberapa besar peran dan efektifitas dakwah yang dilakukan dalam mempengaruhi khalayak. Dalam komunikasi dakwah, suatu proses komunikasi dilakukan dengan pendekatan persuasif dan dengan tujuan diharapkan akan terjadinya suatu perubahan dan pembentukan sikap yang sesuai dengan tuntunan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dimana data yang didapatkan adalah melalui beberapa sumber referensi bacaan, observasi, wawancara, dan analisis data. Data dikumpulkan melalui observasi langsung ke lapangan, terlibat langsung dengan mad’u mengikuti jalannya dakwah, kemudian melalui wawancara dengan Ustad Agus Salman, dan dengan mad’u yang terlibat langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi pesan yang terdapat dalam Bajidor ini diantaranya mengenai akidah, ibadah syari’at dan akhlak. Musik yang digunakan dalam Bajidor ini memenuhi standar yang telah ditentukan serta memiliki unsur rekreatif, edukatif dan aplikatif bagi para jama’ah. Humor yang disampaikan hanya sedikit yang masuk dalam kriteria standar etis dan estetis. Serta didapatkan pula bahwa dakwah Bajidor berperan pada aspek perubahan perilaku jama’ah, diantaranya aspek kognitif atau dari hasil yang didapatkan berupa perubahan pemahaman, aspek afektif atau dari hasil yang didapatkan berupa perubahan emosi, dan aspek behavioral atau dari hasil yang didapatkan berupa perubahan perilaku. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa efeketifitas musik dan humor dalam ceramah Agus Salman dapat memenuhi indikator efektifitas dakwah, diantaranya ceramah yang disampaikan dapat menumbuhkan pemahaman jama’ah, menghibur jama’ah, membangun hubungan yang baik antara penceramah dan jama’ah, membentuk perubahan dalam diri jama’ah, dan mendorong jama’ah untuk melakukan akhlak Rasulullah SAW. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat beberapa pesan dalam ceramah Bajidor serta dengan adanya musik dan humor dalam ceramah memiliki peran sehingga dapat mendukung dalam efektifitas ceramah yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musik; Humor; Bajidor
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Neli Fadilah
Date Deposited: 14 Mar 2019 00:15
Last Modified: 14 Mar 2019 00:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item