Pengaruh model pembelajaran Guides Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan: Penelitian Siswa Kelas XI MA AL-Arobi Kab. Tangerang

Sholihah, Anna Bariyatu (2018) Pengaruh model pembelajaran Guides Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan: Penelitian Siswa Kelas XI MA AL-Arobi Kab. Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam Daarul Falah Al-Arobi Kab. Tangerang pada kelas XI MA, dapat diketahui bahwa pada mata pelajaran biologi khususnya pada materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan memiliki hasil belajar yang kurang optimal karena dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum banyak digunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhandi kelas XI MA Daarul Falah Al-Arobi Kab. Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini terdapat pretest dan posttest. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas XI MA Daarul Falah Al-Arobi Kab. Tangerang. Kelas yang dijadikan penelitian yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 61 orang, teknik pengambilan sampelnya yaitu Purposive Sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning diperoleh pretest 46,8 dan posttest 77,88, sedangkan kelas control diperoleh pretest 46,62 dan posttest 72,73. Data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan uji normalitas, dan data berdistribusi normal yaitu χ2 hitung 5,30 < χ2 tabel 9,48. Selanjutnya menghitung uji homogenitas, hasil yang diperoleh menunjukan data memiliki varians yang homogen karena Fhitung 1,27 < Ftabel 1,78. Kemudian uji hipotesis dengan menggunakan uji t hasilnya thitung > ttabel yaitu 3,08 > 1,99. Jika thitung > ttabel, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guides Discovery Learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Anna Bariyatu Sholihah
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:43
Last Modified: 18 Mar 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19373

Actions (login required)

View Item View Item