Penundaan nikah di kalangan pemuda masyarakat Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci Kota Tangerang

Kohar, Abdul (2018) Penundaan nikah di kalangan pemuda masyarakat Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan yang ditentukan oleh Allah sebagai satu ketentuan untuk memadukan hati dan jiwa laki-laki dan perempuan yang saling mencintai, menikah adalah akad yang sangat kuat atau mitsaqan qolidhon untuk mentaati perintah Allah (KHI Pasal 2). Rasullah saw bersabda "wahai pemuda, barang siapa telah mampu berumah tangga maka kawinlah", Laki-laki dan perempuan yang sudah melakukan pernikahan berarti telah memasuki jenjang kehidupan yang baru untuk membentuk keluarga yang sesuai dengan tujuan pernikahan, akan tetapi di Kelurahan Bugel, Kecamatan Karawaci Kota Tangerang masih terdapat penundaan nikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Hukum Islam tentang penundaan pernikahan, akibat dan alasan-alasan penundaan pernikahan, dampak dari penundaan pernikaha. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa Rasullah saw menganjurkan bagi setiap umatnya yang telah mampu untuk menikah, hendaklah ia menikah, jika belum ingin menikah berpuasalah. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan memaparkan tentang terjadinya penundaan pernikahan. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. berdasarkan analisis terhadap data yang penulis dapatkan, dapat disimpulkan bahwa:1) Alasan-alasan yang menjadi dasar penundaan pernikahan di kalangan pemuda Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci Kota Tangerang adalah prinsip keluarga, perencanaan usia perkawinan, belum mempunyai persiapan yang matang, trauma terhadap perempuan, lebih mengutamakan karir. 2) Pandangan hukum islam terdapat penundaan pernikahan tersebut dikaitkan dengan alasan-alasan dan dampak yang ditimbulkan bagi para pelaku penundaan pernikahan, maka penundaan pernikahan sebaiknya tidak dilakukan. 3) Akibat dan dampak yang ditimbulkan akibat adanya penundaan pernikahan bisa berarti positif atau negatif. Sisi positifnya adalah dapat mempersiapkan secara matang dalam menempuh bahtera rumah tangga, membantu biaya kehidupan keluarga. Adapun sisi negatif dari penundaan pernikahan ini adalah dikhawatirkannya terjerumus perbuatan yang dilarang oleh agama, kehidupan yang labil, terbuangnya waktu, tenaga, dan uang. Adapun tanggapan dari masyarakat sekitar tentang penundaan pernikahan dilihat dari segi kemaslahatan dan kemadharatan bagi para pelaku sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penundaan nikah; pemuda;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Rukun Nikah, Akad Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: abdul kohar
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:23
Last Modified: 18 Mar 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item View Item