Politik Media : Analisis perbandingan pemberitaan Koran Kompas, Suara Karya, Dan Berita Yudha dalam peristiwa 15 Januari 1974

Almutaallimah, Nuraini (2018) Politik Media : Analisis perbandingan pemberitaan Koran Kompas, Suara Karya, Dan Berita Yudha dalam peristiwa 15 Januari 1974. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Peristiwa 15 Januari 1974 merupakan sebuah peristiwa kerusuhan yang terjadi pada saat Orde Baru. Peristiwa tersebut terjadi karena Mahasiswa mennetang semakin banyaknya modal asing yang datang ke Indonesia. Aksi demonstrasi tersebut berlangsung pada saat PM Jepang Kakuei Tanaka berkunjung ke Indonesia tanggal 15 Januari 1974. Penelitian ini untuk mengetahui Latar Belakang, Proses terjadinya, serta dampak Peristiwa 15 Januari 1974 berdasarkan pemberitaan media cetak Berita Yudha, Suara Karya, dan Kompas. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yaitu model penelitian yang mempelajari peristiwa atau kejadian di masa lampau berdasarkan jejak- jejak yang ditinggalkan. Metode penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu heuristik (pengumpulan sumber- sumber primer dan sekunder), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (menafsirkan sumber-sumber sejarah), dan historiografi (penulisan sejarah). Dari penelitian ini bisa diketahui setiap media cetak dalam memberitakan Peristiwa 15 Januari 1974 berbeda. Hal tersebut karena dalam pemberitaan peristiwa 15 Januari 1974 dipengaruhi oleh unsur kepentingan sebuah media. Media Kompas dalam memberitakan peristiwa 15 Januari 1974 netral dan tidak berpihak kemana-mana. Suara Karya dalam memberitakan peristiwa 15 Januari 1974 lebih berpihak kepada pemerintah, hal tersebut karena Suara Karya merupakan emdia cetak milik PT Suara Karya Membangun yang berideologi atau memiliki pandangan sesuai dengan Partai Golkar dibawah pimpinan Presiden Soeharto. Berita Yudha dalam memberitakan peristiwa 15 Januari 1974 berada ditrengah-tengah, tetapi cenderung menjurus kepada militer, hal tersebut karena Berita Yudha milik tentara dan pada saat itu antara tentara dengan pihak pemerintah saling berdekatan satu sama lain. Dari penelitian ini juga penulis membahas mengenai jenis pemberitaan, lay out, tema-tema yang muncul dalam pemberitaan, dan pesan yang disampaikan dalam masing-masing media terhadap pemberitaan peristiwa Malari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Politik Media; Pemberitaan; Peristiwa 15 Januari 1974
Subjects: Idealism and Related Systems and Doctrines
Humankind
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nuraini Almutaallimah
Date Deposited: 19 Mar 2019 01:21
Last Modified: 19 Mar 2019 01:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19387

Actions (login required)

View Item View Item