Persepsi mahasiswa terhadap tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One: Studi terhadap mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sahara, Bella Rosalina (2018) Persepsi mahasiswa terhadap tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One: Studi terhadap mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Tayangan Indoensia Lawyers Club merupakan sebuah acara Talkshow yang membahas mengenai permasalahan-permasalahan hukum maupun politik yang ada di Indonesia. Isu yang dibahaspun adalah isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa ilmu hukum tentang isi tayangan Indonesia Lawyers Club tvOne, mengenai pandangan mahasiswa ilmu hukum tentang tema tayangan Indonesia Lawyers Club tvOne, dan mengetahui pandangan mahasiswa ilmu hukum tentang pemilihan narasumber tayangan Indonesia Lawyers Club tvOne. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perbedaan individ (Difference Individual Theory) yang dikembangkan oleh Melvin D. DeFleur. Inti dari penelitian ini adalah teori yang menyatakan bahwa setiap individu akan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap media massa berdasarkan kebutuhan psikologis mereka dan setiap individu menggunakan media massa untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah memaparkan situasi atau peristiwa. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Sedangkan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi atau penelusuran literasi. Penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga bagian yaitu:Pertama, Isi tayangan Indonesia Lawyers Club memberikan banyak informasi tentang perkembangan hukum dan politik di Indonesia. Beberapa informan mengatakan setelah menonton acara Indonesia Lawyers Club menambah pengetahuan tentang hukum dan politik yang tidak di dapatnya dari bangku kuliah. Kedua, tema yang di hadirkan dalam tayangan Indonesia Lawyers Club sangat menarik untuk dibahas. Sebab tema yang ditampilakn baik, jelas, sesuai fakta dan aktual sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia. Ketiga, narasumber yang dihadirkan dalam diskusi tersebut sudah sesuai dengan tema yang diusung dan juga sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dan penyampaian pesan atau argumennya cukup jelas dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Indonesia Lawyers Club; Mahasiswa Ilmu Hukum
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Bella Rosalina
Date Deposited: 19 Mar 2019 01:23
Last Modified: 19 Mar 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19392

Actions (login required)

View Item View Item