Pengaruh produktivitas Pembiayaan Mudharabah dan peningkatan modal usaha anggota terhadap pendapatan anggota BMT Mardhotillah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Suyandi, Dedi (2017) Pengaruh produktivitas Pembiayaan Mudharabah dan peningkatan modal usaha anggota terhadap pendapatan anggota BMT Mardhotillah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh bahwa produktivitas pembiayaan mudhorobah dan peningkatan modal akan berpengaruh terhadap pendapatan atau keuntungan bagi anggota BMT. Semakin modal usaha ditingkatkan maka semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh. Penelitian ini difokuskan kepada seberapa besar pengaruh produktivitas pembiayaan mudhorobah dan pemberian modal terhadap pendapatan anggota BMT Mardhotillah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh produktivitas pembiayaan Mudharabah dan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil (2) Seberapa besar produktivitas pembiayaan mudharabah dan peningkatan modal usaha anggota terhadap peningkatan pendapatan anggota (pedagang) Usaha Mikro Kecil dan (3) Seberapa besar pengaruh produktivitas pembiayaan mudharabah dan peningkatan modal usaha anggota terhadap tingkat pendapatan anggota BMT Mardhotillah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini mendasarkan kepada tiga teori produktivitas, struktur modal dan pembiayaan mudharabah. Ketiga teori saling berkaitan sama lain sehingga akan jelas posisi penelitian antara teori dan praktik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptive-analitis yaitu suatu metode dengan cara mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan dan hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan ilmu statistik dengan uji korelasi parsial, korelasi simultan, dan uji regresi. Bedasarkan data ditemukan bahwa (1) Produktivitas pembiayaan Mudharabah dan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil di BMT Mardhotillah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kapasitas usaha mikro kecil di BMT Mardhtollah; (2) Besarnya produktivitas pembiayaan mudharabah dan peningkatan modal usaha anggota terhadap peningkatan pendapatan pedagang Usaha Mikro Kecil di BMT Mardhotillah Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang yaitu dilihat dari R Square dalam Model Summary diketahui nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0.064, ini berarti hanya 6,4 % terhadap pendapatan usaha sedangkan sisanya (100% - 6,4 % = 93,6 %) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar regresi ini dan (3) Besarnya pengaruh produktivitas pembiayaan mudharabah dan peningkatan modal usaha terhadap tingkat pendapatan anggota BMT Mardhotillah bernilai signifikansi tinggi yaitu dengan nilai Sig. 0.000 < 0,05 yang berarti berpengaruh signifikan dengan tingkat prosentase kepercayaannya 95% terhadap pendapatan anggota BMT Mardhotillah, dilihat dari R Square dalam Model Summary diketahui nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0.254, (25,4 %) yang mengandung arti bahwa 25,4 % terhadap pendapatan anggota. Pengaruhnya cukup kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Pembiayaan; Peningkatan Modal Usaha Anggota; Pendapatan Angota BMT Mardhotillah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:22
Last Modified: 19 Mar 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item