Perbandingan hasil belajar PAI pada pelaksanaan frekuensi belajar 3 Jp dalam 1 pertemuan dengan 3 Jp dalam 2 pertemuan: Penelitian pada siswa Kelas VIII di SMP Triyasa Kota Bandung

Sadiah, Ida (2018) Perbandingan hasil belajar PAI pada pelaksanaan frekuensi belajar 3 Jp dalam 1 pertemuan dengan 3 Jp dalam 2 pertemuan: Penelitian pada siswa Kelas VIII di SMP Triyasa Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Guung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah kondisi pelaksanaan pembelajaran dengan frekuesni belajar yang berbeda. Frekuensi belajar 3 JP dalam 1 Pertemuan dengan frekuensi belajar 3 JP dalam 2 pertemuan untuk pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran frekuensi belajar 3 JP dalam 1 pertemuan dengan frekuensi belajar 3 JP dalam 2 pertemuan di kelas VIII SMP Triyasa Bandung, (2) untuk mengetahui hasil belajar PAI kelas VIII yang menggunakan frekuensi belajar 3 JP dalam 1 Pertemuan dengan frekuensi belajar 3 JP dalam 2 pertemuan di SMP Triyasa Bandung,(3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran PAI antara yang menggunakan frekuensi belajar 3 JP dalam 1 Pertemuan dengan frekuensi belajar 3 JP dalam 2 pertemuan di kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Frekuensi belajar merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Sudjana (2017), bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa di pengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor internal (dalam diri siswa) dan faktor eksternal (luar siswa). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Triyasa Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dan VIII C yang berjumlah 62 siswa. Alat pengumpulan data yang di gunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan, tes, dan dokumentasi. Analisis data statistik menggunakan uji gain, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI kelas VIII yang menggunakan frekuensi belajar 3 jp dalam 1 pertemuan terlaksana 87,5 % dengan hasil belajar rata-rata 79,71 berkreteria baik. Dan kelas yang menggunakan frekuensi belajar 3 jp dalam 2 pertemuan terlaksana 82,4 % dengan hasil belajar rata-rata 83,2 berkreteria baik. Ada perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran PAI menggunakan frekuensi belajar 3 JP dalam 1 pertemuan dengan 3 JP dalam 2 pertemuan. Berdasarkan persentase kenaikan hasil belajar, kelas yang menggunakan frekuensi belajar 3 JP dalam 1 pertemuan memiliki persentase kenaikan hasil belajar 28%. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan frekuensi belajar 3 JP dalam 2 pertemuan memiliki persentase kenaikan hasil belajar 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ida sadiah
Date Deposited: 22 Mar 2019 06:48
Last Modified: 22 Mar 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item