Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2016

Wanengsih, Ratna Ayu (2017) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum, perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek. Surat berharga yang sering diperjualbelikan di pasar modal adalah saham. Analisis terhadap penilaian harga saham merupakan langkah mendasar yang harus dilakukan sebelum melakukan investasi. Pada saham perusahaan pertambangan subsektor batubara terjadi fluktuasi harga dan mengalami penurunan harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) apakah berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Harga Saham perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2016. Untuk rasio Earning Per Share (EPS) peneliti menggunakan teori dari Irham Fahmi, untuk Debt to Equity Ratio (DER) peneliti menggunakan teori dari Kasmir, dan untuk Harga Saham peneliti menggunakan teori dari Anoraga & Pakarti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2009-2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan meminta data laporan keuangan dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan Random Effect Model. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 62,9% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan secara parsial hanya variabel Earning Per Share (EPS) yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0.0000. Dan variabel Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0.8264.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Debt to Equity Ratio (DER); Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:43
Last Modified: 22 Mar 2019 08:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item