Penerapan Metode Maisura untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Quran: Penelitian tindakan kelas di Kelas X SMA Karya Budi Cileunyi

Wijaya, Indra (2018) Penerapan Metode Maisura untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Quran: Penelitian tindakan kelas di Kelas X SMA Karya Budi Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya fenomena semakin rendahnya kemampuan siswa dalam membaca al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam, yang perlu dipelajari dan dipahami agar kandungannya dapat menjadi pelajaran dan diamalkan untuk kemaslahatan dunia dan akhirat. Begitu pula yang terjadi dengan siswa SMA Karya Budi, Cileunyi, tidak luput dari yang belum bisa membaca al-Quran masih relatif tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Quran perlu adanya pemecahan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan metode Maisura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum menggunakan metode maisura, untuk mengetahui proses pembelajaran al-Quran menggunakan metode maisura, dan untuk mengetahui apakah metode maisura dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Quran. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa lisan. Al-Quran yaitu risalah Allah kepada umat manusia, yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW. Membaca setiap huruf al-Quran mendapatkan pahala dari Allah, baik itu dari hafalan sendiri maupun dibaca langsung dari mushaf al-Quran. Metode Maisura merupakan metode yang menerapkan sistem talaqqy dan musyafahah di dalam membaca al-Quran adalah dia atas segalanya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Jenis dari metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Karya Budi, Cileunyi bersifat perbaikan pembelajaran. Karena bersifat perbaikan, tentu saja pelaksanaan pembelajarannya tidak cukup sekali saja, melainkan diperlukan berulang-ulang yaitu 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian maka hasilnya dapat disimpulkan bahwa penerapan metode maisura cukup signifikan, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang diraih siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Yang sebelumnya pada pra siklus (tindakan) kemampuan siswa dalam membaca al-Quran dengan nilai rata-rata 56,93 yang dikategorikan buruk, mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata menjadi 66,72 yang dikategorikan cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih lagi dibandingkan dengan siklus I dengan nilai rata-rata 76,15 yang dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-Quran; Belajar Al-Quran; Metode Maisura
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: indra wijaya
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:53
Last Modified: 25 Mar 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item