Kompetensi jurnalisme dasar pada siswa SMAN 1 Rancaekek: Studi deskriptif pada kegiatan news processing dalam pembuatan Majalah Progressio

Kurniawan, Arviandi Rahmat (2019) Kompetensi jurnalisme dasar pada siswa SMAN 1 Rancaekek: Studi deskriptif pada kegiatan news processing dalam pembuatan Majalah Progressio. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Kegiatan jurnalistik sangat penting dikembangkan di sekolah untuk meningkatkan kreativitas para siswa. Hal ini juga sejalan dengan dengan era kemajuan teknologi informasi yang tengah berkembang pesat. Kegiatan jurnalistik juga dapat meningkatkan daya kritis dan kepekaan para siswa dalam merespon kejadian-kejadian yang terjadi di tengah masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan jurnalistik di sekolah juga sangat dibutuhkan. Bidang jurnalistik merupakan salah satu bidang ilmu yang dikaji di ranah pendidikan sekolah. Meskipun jurnalistik tidak termasuk dalam kurikulum formal sekolah, namun kini sudah banyak sekolah yang menggunakannya dalam kurikulum nonformal semisal ekstrakurikuler, pelatihan, dan diklat, atau kegiatan minat siswa lainnya. Terbukti dengan banyaknya sekolah-sekolah yang memberikan animo besar terhadap keberadaan bidang jurnalistik dengan mengadakan serta mendukung pelatihan jurnalistik dan kegiatan ekstrakurikuler yang paling diminati. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana proses yang dilakukan oleh siswa SMAN 1 Rancaekek dalam melakukan kegiatan news processing yang meliputi unsur perencanaan berita (news planning), pencarian berita (news hunting), penulisan naskah berita (news writing), dan penyuntingan naskah berita (news editing). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma kontruktivis dan metode fenomenologi, yakni mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia yang ditempelkan padanya. Eksplorasi difokuskan pada pengalaman mereka dalam melakukan kegiatan news processing yang meliputi unsur news planning, news hunting, news writing, dan news editing. Penelitian dilakukukan pada 6 siswa-siswi SMAN 1 Rancaekek yang merupakan anggota ekstrakurikuler Progressio. Hasil penelitian ini mengemukakan bagaimana pengalaman para siswa-siswi SMAN 1 Rancaekek ini melaksanakan kegiatan news processing. Pada tahap news planning dilakukan perencanaan berita yang meliputi penentuan tema, penentuan narasumber, dan penentuan kru liputan. Di tahap news hunting dikemukakan bagaimana cara wartawan sekolah ini mencari data dan fakta yang dibutuhkan. Selanjutnya tahap news writing adalah penulisan/penyusunan data dan fakta menjadi naskah berita. Dan yang terakhir news editing di mana pada tahap ini naskah berita disempurnakan terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: News Processing; Progressio; Wartawan Sekolah
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Arviandi Rahmat Kurniawan
Date Deposited: 25 Mar 2019 08:27
Last Modified: 25 Mar 2019 08:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19509

Actions (login required)

View Item View Item