Respon Jama'ah Masjid Al-Hasan terhadap tema-tema ceramah Eskatologi: Studi kasus pada ceramah Ustad Rahmat Baequni di Masjid Al-Hasan Bumi Panyawangan

Abidin, Arief Ahmad (2019) Respon Jama'ah Masjid Al-Hasan terhadap tema-tema ceramah Eskatologi: Studi kasus pada ceramah Ustad Rahmat Baequni di Masjid Al-Hasan Bumi Panyawangan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

”Dakwah merupakan suatu aktivitas yang pasti ada dalam kehidupan umat manusia, dalam Islam dakwah merupakan kewajiban bagi pemeluknya. Dakwah merupakan ajakan atau seruan ke jalan Allah yang dilakukan seorang penyeru (da’i) kepada orang lain (mukhatab) dengan tujuan memindahkan mereka pada keadaan yang lebih baik dan diridhai oleh Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perhatian, Pemahaman, dan Penerimaan Jama’ah Masjid Al-Hasan Terhadap Tema-Tema Ceramah Eskatologi di Masjid Al-Hasan yang terletak di wilayah Bumi Panyawangan, Bandung, Jawa Barat. Penelitian ini mengacu pada kerangka teori psikologi behavioristik S-O-R, yakni stimulus, Organisme, dan Respon. Adapun yang jadi stimulusnya adalah Ceramah dengan Tema-Tema Eskatologi, Organismnya adalah jama’ah Al-Hasan yang mengikuti Ceramah dengan Tema-Tema Ceramah Eskatologi Di Masjid Al-Hasan yang terletak di wilayah Bumi Panyawangan. Sedangkan responnya adalah perhatian, pemahaman dan penerimaaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif, pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk menambah data yang di perlukan penelitian ini menggunakan angket sebagai cara untuk mengetahui lebih dalam mengenai Respon Jama’ah Masjid Al-Hasan terhadap Tema-Tema Ceramah Eskatologi,Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kegiatan ceramah Eskatologi mendapatkan respon yang baik dari jama’ah Masjid Al-Hasan yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa respon jama’ah perkotaan terhadap tema-tema ceramah eskatologi sangat baik. Dari respon perhatian, beberapa informan menyatakan mengikuti pengajian secara rutin, respon pemahaman menyatakan memahami terhadap Ceramah Eskatologi, dan respon penerimaan menyatakan menerima pengajian dengan Tema-Tema Eskatologi di Masjid Al-Hasan. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa dakwah adalah suatu kewajiban bagi umat muslim baik dari golongan manapun, secara garis besar dakwah dan Tabligh merupakan alat yang memiliki satu tujuan yaitu mengajak manusia kembali ke jalan yang benar dan Rahmatan Lila’lamin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jama'ah; Ceramah; Eskatologi
Subjects: Eschatology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arief Ahmad Abidin
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:13
Last Modified: 30 Apr 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item