Tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Project Based Learning hubungannya dengan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII E SMP Lab. Percontohan UPI Kampus Cibiru Bandung

Rusydah, Nida Thipal (2017) Tanggapan siswa terhadap penerapan Metode Project Based Learning hubungannya dengan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII E SMP Lab. Percontohan UPI Kampus Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VIII E SMP Lab. Percontohan UPI Kampus Cibiru diperoleh informasi bahwa guru sudah menerapkan metode Project Based Learning dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI dan metode tersebut dipandang relevan. Sehingga diyakini dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI. Namun kenyataannya disisi lain, keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih rendah. Hal ini bisa diketahui dari siswa acuh tak acuh, kurang memperhatikan, serta pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan metode Project Based Learning 2) Realitas keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode Project Based Learning dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada Siswa kelas VIII E SMP Lab. Percontohan UPI Kampus Cibiru Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penerapan metode Project Based Learning. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap penerapan metode Project Based Learning, maka akan semakin baik keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Begitu pun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penyebaran angket ditunjukan kepada 32 siswa sebanyak 15 item. Setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analisis data dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) Realitas tanggapan siswa terhadap metode Project Based Learning menunjukkan kategori tinggi, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 3,63 yang berada pada interval 3,5-4,5. 2) Realitas keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukkan kategori tinggi yaitu nilai rata-rata sebesar 3,8 yang berada pada interval 3,5-4,5. 3) Realitas hubungan antara keduanya diperlihatkan oleh koefisien korelasi variabel pertama dan kedua sebesar 0,32 dan termasuk pada korelasi rendah yang berada pada interval 0,20-0,40. Berdasarkan uji korelasi diperoleh thitung 2,2 > dari ttabel 2,04. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Interval; Variable; Realitas
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Mar 2019 05:53
Last Modified: 27 Mar 2019 05:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item