Penerapan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan puisi: penelitian tindakan Kelas di Kelas V MI At-Taqwa Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Nurhakim, Hamida Dinar (2017) Penerapan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan puisi: penelitian tindakan Kelas di Kelas V MI At-Taqwa Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Indonesia di sekolah MI At-Taqwa bahwa tidak banyak guru menerapkan model cooperative learning dengan berbagai tipe dan terkesan hanya menggunakan tipe jigsaw. Akibatnya keaktifan, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pola pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Indonesia di MI At-Taqwa Bandung sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray pada setiap siklus. Model cooperative learning tipe two stay two stray merupakan model pembelajaran kooperatif yang bertujuan agar peserta didik dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi. Model ini melatih peserta didik untuk bersosialisasi dengan baik. serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktik pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan datanya dikumpulkan melalui observasi, tes dalam bentuk soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Peserta didik yang dijadikan objek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI AT-Taqwa yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dengan meningkatnya hasil rata-rata tes peserta didik pada setiap siklus. Nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 30% dari jumlah banyaknya peserta didik yang telah memenuhi nilai KKM yaitu 75 sebanyak 10 orang peserta didik atau 30% dan 23 orang peserta didik lainnya atau 70% belum memenuhi KKM. Sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 85% dari jumlah banyaknya peserta didik yang telah memenuhi nilai KKM yaitu 75 sebanyak 28 orang peserta didik atau 85% dan 5 orang peserta didik lainnya atau 15% belum memenuhi KKM. Penelitian siklus I dan siklus II mengalami peningkatan diantaranya nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 63.33 dengan predikat cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85.45 dengan predikat sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Two Stay; Kognitif; Metode Jigsaw
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Mar 2019 05:57
Last Modified: 27 Mar 2019 05:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item View Item