Penerapan metode Index Card Match dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas di kelas VIII B Smp Al-Islam Bandung

Julianti, Nurul Dwi (2017) Penerapan metode Index Card Match dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian tindakan kelas di kelas VIII B Smp Al-Islam Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER SKRIPSI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK FIX.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB IV)
07_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa, diantaranya adalah tidak adanya aktivitas verbal seperti tanya jawab, minimnya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, serta pembelajaran hanya berlangsung satu arah oleh guru (teaching centered) yang membuat pembelajaran menjadi monoton.Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa ada salah satu metode yang diasumsikan mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu metode Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan keaktifan belajar siswa sebelum diterapkannya metode Index Card Match, proses penerapan metode Index Card Match, dan kondisi keaktifan belajar siswa setelah penerapan metode Index Card Match. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa metode Index Card Match diasumsikan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa karena memiliki kelebihan melibatkan peserta didik secara langsung dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dalam dua siklus selama empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di SMP Al-Islam Bandung dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi keperpustakaan. Hasil penelitian terhadap keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode Index Card Match telah menunjukan peningkatan. Dari hasil penelitian di peroleh data sebagai berikut: Keaktifan belajar siswa sebelum diterapkannnya metode Index Card Match memperoleh angka 41% dengan kategori cukup, karena berada pada interval 41%-60%. Proses penerapan metode Index Card Match terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil observasi sebesar 73,75% karena berada pada interval 61%-80%. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 41% menjadi 76,5% meningkat sebesar 35,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match ; Observasi; Index Card Match
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:46
Last Modified: 29 Mar 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item