Tujuan pendidikan Islam dalam Al-Qur'an Surat Ali-Imran ayat 190-191 dan implikasi pedagogisnya terhadap pendidikan karakter: Analisis ilmu pendidikan Islam

Mawardi, Andi (2018) Tujuan pendidikan Islam dalam Al-Qur'an Surat Ali-Imran ayat 190-191 dan implikasi pedagogisnya terhadap pendidikan karakter: Analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah gejala keruntuhan moral pada saat ini yang sudah benar-benar mengkhawatirkan dimana telah memaksa bangsa ini untuk bertekuk lutut kepada nilai-nilai dehumanisasi dalam lingkaran struktural maupun kultural. Pendidikan Islam yang merupakan salah satu dari ajaran agama Islam memiliki tujuan mulia yang sesuai dengan auturan dan tuntunan Al-Qur’an yaitu membentuk kepribadian muslim yang seluruh aspeknya dijiwai oleh ajaran Islam. Dengan kata lain, tujuan pendidikan Islam yang ingin dicapai mencakup aspek kognitif, aspek afektif, dan spritual dimana akan tercipta kepribadian yang seimbang dan karakter yang terbentuk dari dalam diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk secara mendalam tentang; 1) pendapat mufassir mengenai Isi Kandungan Q.S. Ali-Imran ayat 190-191; 2) pandangan Ilmu Pendidikan Islam tentang Tujuan Pendidikan Islam; 3) Pendidikan Karakter dalam Ilmu Pendidikan Islam; 4) Implikasi Pedagogis Q.S. Ali-Imran ayat 190-191 tentang Tujuan Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisi isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif dengan empat langkah, diantaranya proses satuan, kategorisasi, penafsiran, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pendapat para mufasir mengenai isi kandungan Q.S. Ali-Imran ayat 190-191 menjelaskan sosok seorang ulul alab yang digambarkan sebagai orang-orang yang memiliki akal sempurna dalam memikirkan ciptaan dan tanda-tanda Allah melalui proses tadzakkur (mengingat Allah) dan tafakkur (memikirkan ciptaan Allah); 2) Tujuan Pendidikan Islam dalam Q.S. Ali-Imran ayat 190-191 yaitu terciptanya sosok seorang ulul albab yang merupakan sosok yang digambarkan sebagai orang yang melakukan dua hal yakni tadzakkur (mengingat Allah) dan tafakkur (memikirkan ciptaan Allah) sehingga ada keseimbangan pengembangan antara kognitif, afektif, dan psikomotorik yang disertai spiritual yang ada dalam diri manusia; 3) Pendidikan karakter dalam Ilmu Pendidikan Islam ada tiga nilai, yaitu nilai karakter Religius, nilai karakter Ingin, dan nilai karakter Cinta Ilmu; 4) Implikasi pedagogis Q.S. Ali-Imran ayat 190-191 tentang tujuan pendidikan Islam terhadap pendidikan Karakter adalah tumbuhnya karakter religius, ingin tahu, dan cinta ilmu melalui proses tadzakkur dan tafakkur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tujuan Pendidikan Islam; Ayat-Ayat Pendidikan Islam; Pendidikan Karakter
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardi Rakasiwi
Date Deposited: 01 Apr 2019 03:00
Last Modified: 01 Apr 2019 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19605

Actions (login required)

View Item View Item