Penetapan margin dalam program amazing price pada produk KPR BSM Griya dengan akad murabahah di Bank Syariah Mandiri area Bandung Ahmad Yani

Erwinda, Riki (2017) Penetapan margin dalam program amazing price pada produk KPR BSM Griya dengan akad murabahah di Bank Syariah Mandiri area Bandung Ahmad Yani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DATAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara penetapan margin dalam program Amazing Price pada produk KPR BSM Griya di Bank Syariah Mandiri Area Bandung Ahmad Yani sangat tergantung oleh biaya-biaya tambahan yang dikeluarkan oleh bank. Sehingga margin yang dikeluarkan oleh bank akan berubah menjadi lebih besar dan penetapan margin tidak diambil berdasarkan harga pokok bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mekanisme penetapan margin dalam program Amazing Price pada produk KPR BSM Griya di BSM Area Bandung Ahmad Yani. (2) Relevansi antara perubahan penetapan margin yang berbeda dalam program Amazing Price pada produk KPR BSM Griya di BSM Area Bandung Ahmad Yani dengan Fatwa Nomor 84/DSN-MUI/XII/2012. Pembiayaan murabahah menekankan adanya pembelian berdasarkan permintaan konsumen, dan proses penjualan kepada konsumen dengan harga jual yang merupakan akumulasi dari biaya beli dan tambahan keuntungan yang diinginkan. Dengan demikian pihak Bank diwajibkan untuk menerangkan tentang harga beli dan tambahan keuntungan yang diinginkan kepada nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, dimana metode ini digunakan untuk menggambarkan, menganalisis dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan pihak BSM, SOP, dan Kontrak Akad. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber referensi berupa buku-buku dan referensi lainnya yang relevan dengan kegiatan penelitian. Data yang didapatkan merupakan jenis data kualitatif. Data kemudian dikelompokkan, dihubungkan dan dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mekanisme penetapan Margin dalam program Amazing Price BSM Griya di Bank Syariah Mandiri Area Bandung Ahmad Yani yaitu menggunakan sistem dengan cara menginput limit pembiayaan, kemudian menginput tenor sesuai dengan jangka waktu pembiayaan yang ditentukan oleh nasabah, setelah itu menginput Price atau Margin (tanpa adanya biaya asuransi dan biaya notaris yang sudah ditentukan oleh bank) lalu menginput estimasi nominal biaya akuisisi (biaya asuransi dan biaya notaris), barulah muncul Margin baru sebagai hasil penyesuaian atas adanya biaya asuransi dan biaya notaris yang ditanggung bank. Relevansi metode perhitungan Margin Murabahah dalam program Amazing Price BSM Griya dengan fatwa DSN-MUI Nomor 84/DSN-MUI/XII/2012 masih ada beberapa ketentuan-ketentuan dalam fatwa ini yang belum sesuai, dari 12 point ada 5 point yang belum sesuai dengan fatwa ini. Menurut Ketentuan Hukum fatwa DSN-MUI Nomor 84/DSN-MUI/XII/2012 bahwa program Amazing Price BSM Griya belum dibolehkan karena belum mengikuti semua ketentuan-ketentuan yang ada dalam fatwa ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Margin; Kontrak; Akad; Tenor;
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:45
Last Modified: 29 Jun 2019 09:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item