Studi tentang pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat Tani (KURTANI) dalam pemberdayaan masyarakat petani: Penelitian di Kampung Pojok Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut

Setiani, Inayah (2019) Studi tentang pelaksanaan program Kredit Usaha Rakyat Tani (KURTANI) dalam pemberdayaan masyarakat petani: Penelitian di Kampung Pojok Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dihadapi petani yaitu kurangnya akses kepada permodalan, organisasi yang masih lemah, serta minimnya pengetahuan ilmu tentang pertanian di era modern ini, dan sumber daya manusia serta kelembagaan pertanian yang masih tergolong rendah. Pemberdayaan memerlukan keterlibatan masyarakat secara aktif, dalam konteks pembedayaan, masyarakat harus di berdayakan untuk merumuskannya sendiri melalui sebuah pembangunan konsensus diantara berbagai individu dan kelompok sosial baik pembangunan ekonomi, sosial, maupun fisik. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program KURTANI dan bagaimana mekansme pendistribusian bantuan KURTANI di Desa Cikembulan, mengetahui apakah bantuan tersebut tepat sasaran atau tidak dan keberhasila apakah yang terjadi setelah adanya bantuan KURTANI dari pemerintah baik itu berupa hal positif atau negatif khususnya pada masyarakat Desa Cikembulan itu sendiri. Teori Sosiologi yang digunakan adalah Teori Relasi Kuasa Michael Foucault. Dimana ia mengatakan bahwa Hubungan kekuasaan menimbulkan saling ketergantungan antara berbagai pihak mulai dari pihak yang memegang kekuasaan dengan pihak yang menjadi objek kekuasaan. Salah satu contohnya adalah kebijakan pemerintah mengenai kartu kredit usaha rakyat tani untuk membeli pupuk bersubsidi dan peminjam dana untuk penggarapan sawah dan modal usaha menimbulkan ketergantungan antara penguasa dan masyrakat dimana disini pemerintah bergantung kepada masyarakat untuk membangun rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah melalui kebijakan yang dibuat sedangkan masyarakat mengapresiasi kebijakan tersebut walaupun pada kenayatannya tidak di manfaatkan semaksimal mungkin. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data di simpulkan melalui data primer yaitu observasi dan wawncara mendalam pada masyarakat Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Serta data sekunder yaitu dokumentasi dan studi kepustakaan kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dimana terdapat komponen-komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian mengenai efektivitas KURTANI dalam pemberdayaan masyarakat petani diketahui bahwa program KURTANI ini kurang efektif karena masih belum bisa digunakan sebagai alat transaksi pembelian pupuk subsidi yang di janjikan pemerintah. Namun dengan adanya bantuan KURTANI bagi masyarakat Desa Cikembulan sangat membantu untuk peminjaman dana modal usaha meski banyak warga mengeluhkan karena belum bisa memanfaatkan KURTANI untuk membeli pupuk subsidi. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sosialisasi yang di lakukan pemerintah juga kurangnya partisipasi warga Desa Cikembulan terhadap KURTANI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KURTANI; Pemberdayaan; Masyarakat Petani;
Subjects: Culture and Institutions > Military Sociology
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: inayah setiani
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:10
Last Modified: 05 Apr 2019 07:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19669

Actions (login required)

View Item View Item