Perbandingan metode resitasi dan inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII A dan B pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi beriman kepada kitab-kitab Allah: di MTs Negeri 1 Kab Bekasi

Solahudin, Solahudin (2018) Perbandingan metode resitasi dan inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII A dan B pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi beriman kepada kitab-kitab Allah: di MTs Negeri 1 Kab Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Mts Negeri 1 Kabupaten Bekasi melalui pengamatan serta wawancara guru mata pelajaran akidah ahlak diperoleh informasi mengenai rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran akidah ahlak materi beriman kepada kitab kitab allah, yang dibuktikan dari hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kemungkinan penyebabnya pembelajaran masih menggunakan metode yang kurang efektif dan kreatif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penerapan metode resitasi dan inquiry pada mata pelajaran Akidah Ahlak terhadap siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Bekasi. (2) Untuk mengetahui Hasil belajar dengan menggunakan Metode resitasi dan inqury pada mata pelajaran Akidah Ahlak terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Bekas. (3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Ahlak dengan menggunakan Metode resitasi dan inquiry di kelas VIII Di MTs Negeri 1 kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa salah satu yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah metode yang digunakan oleh pendidik saat pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat memberikan hasil yang baik, efisien dan efektif. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan dan minat peserta didik dalam belajar serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Objek digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B sebanyak 56 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yakni kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka sedangkan kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbandingan hasil belajar kelas yang menggunakan metode resitasi memiliki nilai N-gain 0.4 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas yang menggunakan metode inquiry memiliki nilai N-gain 0.5 dengan kriteria sedang, adapun hasil penelitian soal pretest metode resitasi 49 sedangkan metode inquiry 42 adapun disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode resitasi dan metode inquiry tetapi tidak signifikan karena dilihat pada nilai n-gain masih terdapat pada kurva yang sama antara 0.4 dan 0.5. dan dapat dilihat bahwa metode resitasi salah satu metode yang paling baik memberikan perubahan terhadap hasil belajar siswa di bandingkan metode inqury.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Quasi Eksperimen; Perbandingan Metode; Hasil Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: solah uddin
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:01
Last Modified: 05 Apr 2019 07:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item