Pengaruh tingkat ekonomi keluarga terhadap pendidikan anak remaja: Studi korelasi tentang tingkat pendidikan anak dan tingkat kesejahteraan di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Nurhasanah, Annisa (2018) Pengaruh tingkat ekonomi keluarga terhadap pendidikan anak remaja: Studi korelasi tentang tingkat pendidikan anak dan tingkat kesejahteraan di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian in berawal dari banyaknya anak remaja yang kurang mendapatkan haknya untuk merasakan bangku sekolah. Masa remaja adalah masa peralihan, seseorang telah meninggalkan usia anak-anak yang penuh kelemahan dan ketergantungan tanpa memikul suatu tanggung jawab, menuju kepada usia dewasa yang sibuk dengan tanggung jawab penuh. Oleh karena itu pendidikan anak remaja sangat penting. Di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung terdapat anak remaja yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Faktornya adalah tingkat ekonomi keluarga yang rendah dan ketidakpedulian orang tua akan pentingnya pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ekonomi di Desa Cangkuang Wetan, untuk mengetahui pendidikan anak remaja di Desa Cangkuang Wetan, dan untuk mengetahui pengaruh tingkat ekonomi keluarga terhadap pendidikan anak remaja di Desa Cangkuang Wetan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori tindakan sosial dari Max Weber, tindakan sosial sebagai tindakan individu atau aktor yang memiliki makna subyektif bagi individu tersebut tetapi memiliki berdampak pada individu lain dan mengharapkan timbulnya reaksi dari individu lain tersebut. Teori ini peneliti jadikan sebagai kerangka pemikiran dalam melihat fenomena yang ada di masyarakat, terutama berkaitan dengan pengaruh tingkat ekonomi keluarga terhadap pendidikan anak remaja di Desa Cangkuang Wetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan cara mengobservasi, membuat angket pernyataan, menganalisis hasilnya dengan angka-angka atau statistik melalui SPSS 20. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak remaja usia 13-22 tahun yang berjumlah 145 orang dari 3 RT. Sehingga di dapat sampel sebanyak 59 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa tingkat ekonomi keluarga memberikan pengaruh terhadap pendidikan anak remaja sebesar 6%. Dan hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung < t tabel yakni 1,904 < 2,002, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara tingkat ekonomi keluarga terhadap pendidikan anak remaja di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Ekonomi; Pendidikan Remaja
Subjects: Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Annisa Nurhasanah
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:21
Last Modified: 08 Apr 2019 04:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19677

Actions (login required)

View Item View Item