Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui metode bercerita: Penelitian tindakan kelas pada kelompok BI RA Persis 250 Cihamerang Banjaran Kabupaten Bandung

Mianawati, Rena (2018) Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui metode bercerita: Penelitian tindakan kelas pada kelompok BI RA Persis 250 Cihamerang Banjaran Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.PDF

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan terdapat beberapa permasalahan mengenai keterampilan menyimak anak, diantarannya ialah anak belum bisa mendengarkan cerita, menirukan suara tokoh, menyebutkan tokoh dan jumlah tokoh, menyebutkan judul cerita, dan menceritakan kembali isi cerita. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan metode yang menarik bagi anak untuk keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keterampilan menyimak anak sebelum diterapkan metode bercerita; 2) Proses penerapan metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak pada setiap siklus; dan 3) Keterampilan menyimak anak setelah diterapkan metode bercerita pada setiap siklus di Kelompok B1 RA Persis 250 Cihamerang Banjaran Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa pengunaan metode yang baik dan menarik minat anak dalam belajar dapat meningkatkan keterampilan menyimak. Metode bercerita merupakan suatu metode yang disampaikan kepada anak secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak. Metode bercerita juga mempunyai daya tarik dan menyentuh perasaan anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali tindakan. Subyek penelitian ini adalah 20 anak di kelompok B1 RA Persis 250 Cihamerang Banajaran Kabupaten Bandung yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, unjuk kerja, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak anak pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 32,29 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan metode bercerita dilihat dari aktivitas guru dan anak menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,88% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 90,63% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I diperoleh nilai raat-rata 61,88% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 77,88% dengan kriteria baik pada siklus II. Adapun keterampilan menyimak anak setelah diterapkan metode bercerita nilai rata-rata pada siklus I sebesar 52,71 dengan kriteria kurang dan meningkat menjadi 78,44 pada siklus II dengan kriteria baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, artinya metode bercerita terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini di RA Persis 250 Cihamerang Banjaran Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak; Anak Usia Dini; Metode Bercerita;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rena mianawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:25
Last Modified: 08 Apr 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19683

Actions (login required)

View Item View Item