Pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) sebagai model pemberdayaan masyarakat: Studi deskriptif di Posdaya Mandiri Perum. Pondok Timur Indah II RW. 07 Kel. Mustikasari, Kec. Mustikajaya, Kota. Bekasi, Jawa Barat

Arifah, Ummi (2017) Pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) sebagai model pemberdayaan masyarakat: Studi deskriptif di Posdaya Mandiri Perum. Pondok Timur Indah II RW. 07 Kel. Mustikasari, Kec. Mustikajaya, Kota. Bekasi, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB IV)
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan namun indonesia masih saja termasuk negara penduduk miskin dengan jumlah yang cukup banyak. Kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang dirasa efektif dalam rangka memandirikan dan memberdayakan masyarakat. Salah satu upaya dalam melakukan pemberdayaan masyarakat saat ini adalah dengan Posdaya (pos pemberdayaan keluarga) sebagai gagasan baru dalam memberikan pemberdayaan bagi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Posdaya adalah forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, informasi, edukasi dan sekaligus bisa dikembangkan menjadi wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis model pemberdayaan masyarakat melalui pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) yang dilakukan oleh Posdaya Mandiri dalam upaya penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu dan pengentasan kemiskinan. Sehingga diharapkan dengan menerapkan model pos pemberdayaan keluarga (posdaya) dapat membantu masyarakat yang kurang mampu menjadi masyarakat yang mandiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan konsep pemberdayaan menurut Winarni dan Teori partisipatif untuk mengetahui konsep, implementasi serta hasil dari pemberdayaan yang di lakukan di Posdaya Mandiri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Posdaya Mandiri sebagai salah satu model pemberdayaan masyarakat telah memiliki kinerja yang baik dari segi konsep, implementasi, dan hasil program pemberdayaan yang telah dijalankan, karena mampu menghasilkan beberapa perubahan positif di masyarakat baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang telah didapat dari berbagai pihak sebagai bentuk apresiasi dari program-program pemberdayaan yang telah dijalankan oleh Posdaya. Namun, tidak semua program-program pemberdayaan Posdaya Mandiri berkelanjutan, terdapat beberapa program yang terhenti karena disebabkan beberapa kendala seperti dana, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan dukungan dari masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Partisipasi Masyarakat; Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:38
Last Modified: 10 Apr 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item