Tanggapan siswa terhadap penerapan Project Based Learning hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Sopian, Pian (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan Project Based Learning hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis di SMP Terbuka 8 Kota Bandung, ditemukan bahwa sekolah tersebut telah menerapkan model pembelajaran project based learning dengan produk berupa ensiklopedi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Model pembelajaran tersebut dipandang baru, inovatif dan bisa membuat siswa aktif dalam belajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) tanggapan siswa kelas VII terhadap penerapan project based learning di SMP Terbuka 8 Kota Bandung, 2) motivasi belajar siswa kelas VII SMP Terbuka 8 Kota Bandung, 3) hubungan antara tanggapan siswa kelas VII terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar mereka di SMP Terbuka 8 Kota Bandung. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut yaitu tanggapan. Siswa memiliki tanggapan dan pengamatan yang berbeda terhadap objek yang ada disekitar mereka yang turut memberi pengaruh terhadap motivasi belajar belajar mereka. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan deskriptif dan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) realitas tangapan siswa terhadap penerapan project based learning termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata akhir 3,72 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori tinggi dengan rata-rata akhir 3,41 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan project based learning dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori sangat tinggi dengan koefisien korelasi 0,73 yang berada pada interval 0,70 – 1,00. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung (6,68) > ttabel (1,701) artinya hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan. Adapun kadar pengaruhnya sebesar 53,29% yang berarti bahwa motivasi belajar siswa besar dipengaruhi oleh tanggapan mereka terhadap penerapan projcet based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Project Based Learning; Motivasi Belajar
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pian bapin
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:06
Last Modified: 10 Apr 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item