Pengaruh aktivitas remaja dalam organisasi Irmas terhadap perilaku keberagamaan mereka : Studi kasus di masjid Baiturrahman Desa Dukuh Jeruk

Nurdiansyah, Maman (2018) Pengaruh aktivitas remaja dalam organisasi Irmas terhadap perilaku keberagamaan mereka : Studi kasus di masjid Baiturrahman Desa Dukuh Jeruk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Masjid Baiturrahman Desa Dukuh Jeruk, banyak remaja yang antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh remaja-remaja IRMAS, yang diantaranya, Pengajian rutinan, malam bina taqwa (mabit) dan supaya remaja tidak keluyuran tidak jelas maka diadakanlah Marhaba rutinan pada malam jumat, pelaksanaan PHBI memperingati Maulid Nabi Muhammad, tapi dalam kenyataannya masih ada sebagian remaja yang berperilaku kurang baik, merokok, minum minuman keras, masih ada remajaremaja yang berkata kasar pada sesamanya, sehingga peneliti merasa tertarik dan tergugah dengan ketimpangan yang ada untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai fenomena tersebut. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana (1) realitas aktivitas remaja dalam mengikuti kegiatan IRMAS di Masjid Baiturrahman Desa Dukuh jeruk, (2) realitas perilaku keberagamaan remaja di Desa Dukuhjeruk, serta (3) realitas pengaruh aktivitas remaja dalam organisasi irmas terhadap perilaku keberagamaan mereka. Penelitian ini merujuk dari asumsi yang mengatakan bahwa perilaku keberagamaan remaja salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas yang ia lakukan sehari-hari. Salah satunya aktivitas yang dilakukan oleh IRMAS Masjid Baiturrahman. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas yang anak-anak IRMAS lakukan adalah aktivitas yang positif. Dari asumsi ini diajukan hipotesis yakni semakin intens remaja yang mengikuti aktivitas yang dilakukan oleh IRMAS, maka akan semakin baik perilaku keberagamaan mereka, dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional atau korelasi. Penelitian ini melibatkan 50 orang anggota IRMAS. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan angket. Dari gambaran hasil pengolahan data menunjukkan bahwa (1) realitas aktivitas remaja dalam mengikuti kegiatan IRMAS di Masjid Baiturrahman Desa Dukuh jeruk diperoleh rata-rata sebesar 3,44 termasuk kategori Cukup, (2) realitas perilaku keberagamaan remaja di desa Dukuh jeruk diperoleh rata-rata sebesar 4,04 termasuk kategori Tinggi. Sedangkan (3) realitas pengaruh aktivitas remaja dalam organisasi IRMAS terhadap perilaku keberagamaan adalah (a) koefisien korelasi yang diperoleh = 0,71, (b) hipotesis yang diperoleh adalah = 7,01 dan = 1,92. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima, dan (c) persentase pengaruh Aktivitas Remaja dalam Organisasi IRMAS Terhadap Perilaku Keberagamaan Mereka mencapai 29%. Oleh karena itu, masih ada 71% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IRMAS; Perilaku Keberagamaan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maman Nurdiansyah
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:09
Last Modified: 10 Apr 2019 01:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19724

Actions (login required)

View Item View Item