Implementasi kebijakan penataan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan di Kabupaten Cinjaur: Minimarket di sekitaran kawasan Pasar Ciranjang, Kelurahan Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Ramadhan, Muhamad Luthfi (2018) Implementasi kebijakan penataan pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko swalayan di Kabupaten Cinjaur: Minimarket di sekitaran kawasan Pasar Ciranjang, Kelurahan Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Minimarket merupakan salah satu bentuk dari kemajuan zaman dalam bidang ekononi yang dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhanya sehari-hari, hadirnya minimarket di Indonesia khususnya di kabupaten cianjur memiliki sisi baik dan sisi buruk terhadap masyarakat, salah satunya yaitu jarak pendirian minimarket yang tidak sesuai dengan aturan atau saling berdekatan dengan minimarket lainya selain itu, ada beberapa minimarket yang berdekatan dengan pasar rakyat sehingga dapat menimbulkan permaslahan kepada para pemilik usaha lainya dan tidak dapat melengkapi dalam segi fungsinya. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Kebijakan Penataan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di sekitaran kawasan Pasar Ciranjang Kelurahan Ciranjang Kabupaten Cianjur dan hambatan apasa dalam proses implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini dilakukan di sekitaran kawasan Pasar Ciranjang Kelurahan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Van Metter dan Van Horn yang terdiri dari dimensi Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap atau Kecenderungan, Komunikasi Antar Organisasi dan Aktifitas Pelaksana dan yang terahir yaitu dimensi Lingkungan Ekonomi, sosial dan politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi kebijakan Penataan Pasar Rakyat Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di sekitaran kawasan Pasar Ciranjang secara umum sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal dan masih terdapat kendala yang menghambat proses tersebut, seperti sumberdaya manusia yang masih terbatas, kemudian kurangnya anggaran dalam mendukung fasilitas untuk menunjang pelaksanaan kebijakan ini, selain itu kurang nya komunikasi yang baik antara dinas satu dengan dinas lainya yang terkait kebijakan ini mengakibatkan hambatan pada proses pelaksanaanya dan kurang optimalnya sosialisasi yang dilakukan terhadap para pemilik usaha minimarket yang menyebabkan kurang pahamnya pemilik usaha terhadap kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pentataan Toko Swalayan; Minimarket
Subjects: Political dan Government Science > Policy Making
Public Administration
Administration of Economy > Administration of Industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Muhamad Luthfi Ramadhan
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:28
Last Modified: 10 Apr 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item