Konstruksi dakwah dalam film animasi Upin dan Ipin: Analisis framung William A Gamson dan Andre Modigliani pada film Upin dan Ipin episode 1-10

Putri, Lestari Latifah Dwi (2017) Konstruksi dakwah dalam film animasi Upin dan Ipin: Analisis framung William A Gamson dan Andre Modigliani pada film Upin dan Ipin episode 1-10. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penyampaian dakwah setiap da’i memiliki cara masing-masing agar tercapai tujuannya. Dakwah memiliki beberapa unsur, diantaranya adalah pesan dan metode dakwah. Pesan dalam berdakwahnya biasanya disampaikan melalui mimbar dan melalui sebuah kajian-kajian yang diadakan di masjid, namun jika pesan disampaikan dalam sebuah film. Film pun tentunya seorang da’i mengemas terlebih dahulu pesan apa yang akan disampaikan dan bagaimana metodenya agar khalayak mudah memahami tayangannya nanti. Film animasi merupakan salah satu film yang diminati banyak kalangan tidak hanya anak kecil saja, karena penyampaiannya yang unik selain menghiburpun mamu mendidik tanpa harus menggurui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah dan metodenya, lalu untuk mengetahui pengemasan pesan yang disampaikan melalui film animasi. Penelitian ini merupakan cambukan bagi para da’i dan calon da’i bahwa berdakwah tidak hanya melalui lisan dan tulisan namun dengan hal yang bisa memuat terkesan para khalayak (madh’u) dengan sebuah tayangan yang mudah diterima oleh orang lain. Berdakwah melalui karya film tentunya memiliki karakter masing-masing. Film animasi Upin dan Ipin yang bernuansa religi dan banyak mengandung pesan dakwah serta menyampaikannya dengan cara yang halus dan lembut. Oleh karena itu, dengan film animasi yang dilihat pembingkaiannya, akan diteliti pesan dakwah dan penyampaiannya. Penyajian data dianalisis sesuai dengan rumusan atau tabel framing model Gamson dan Modigliani, mengungkapkan makna pesan dakwah pada Film animasi ini. Metode Analisis data pada penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif yang mendiskripsikan dan memaparkan tentang pembingkaian dakwah dalam film animasi. Didalam package ini terdapat dua struktur, yaitu core frame dan condensing symbols. Struktur pertama merupakan pusat organisasi elemen-elemen ide yang membantu komunikator untuk menunjukkan substansi isu yang tengah dibicarakan. Sedangkan struktur yang kedua mengandung dua substruktur, yaitu framing devices dan reasoning devices. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film animasi Upin dan Ipin memiliki pesan-pesan, yakni amar ma’ruf nahi munkar dalam setiap episode 1-10. Sedangkan pengemasan dakwah dalam film animasi ini dapat mengungkap pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara kepada penonton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi; Dakwah; Film Animasi;
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lestari Latifah
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:20
Last Modified: 22 Apr 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item