Strategi komunikasi bisnis dalam kewirausahaan pesantren : Studi difusi inovasi dalam kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid

Ningsih, Arum (2015) Strategi komunikasi bisnis dalam kewirausahaan pesantren : Studi difusi inovasi dalam kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

INDONESIA : Pesantren di tengah perkembangan masyarakat memiliki tantangan untuk mewujudkan dakwah kahartos jeung karaos (dimengerti dan dirasakan). Perbaikan masyarakat tidak cukup hanya dengan ceramah melainkan juga pada kesejahteraan umat. Dakwah Islam memang bisa mudah dimengerti tapi belum bisa dirasakan. Misalnya, dalam sebuah musibah para ustadz mengimbau agar umat bersabar, bersabar, dan bersabar. Sementara para pendeta sangat giat menebar kebaikan tanpa banyak bicara. Inilah yang dimaksud bahwa dakwah harus dimengerti dan dirasakan. Dakwah kahartos jeung karaos menjadi motivasi dari berdirinya Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Misi tersebut diwujudkan melalui pembentukan kewirausahaan pesantren. Pengelolaan kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid tidak lepas dari proses komunikasi, khususnya komunikasi bisnis. Keterampilan berkomunikasi membangkitkan inspirasi dalam proses adu argumentasi, juga meraih sukses dalam persuasi. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui proses menyampaikan informasi dalam komunikasi bisnis pada kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 2) Untuk mengetahui proses persuasi dalam komunikasi bisnis pada kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 3) Untuk mengetahui inovasi dalam komunikasi bisnis pada kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 4) Untuk mengetahui evaluasi dalam komunikasi bisnis pada kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan difusi inovasi dan model AIDA yang berkaitan dengan attention (perhatian), interest (minat), desire (hasrat), dan action (tindakan). Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT (streng, weakness, opportunity, dan threat). Hasil penelitian menunjukkan, penyampaian informasi dilakukan dengan keramahan, kesederhanaan, kesesuaian, dan keterhubungan. Proses Persuasi diwarnai corak kebaikan dan kekuatan yang tercermin dalam karakter kedisiplinan, keberanian, kejujuran, keikhlasan, ketangguhan, dan ketawadhuan. Persuasi ini diformulasikan dengan model AIDA yang berkaitan dengan attention (perhatian), interest (minat), desire (hasrat), dan action (tindakan). Inovasi dalam kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid meliputi asrama bambu yang komunikatif, bagi hasil dalam sistem agrobisnis, dan penitipan barang dagangan dalam warung kebersamaan. Evaluasi yang dilakukan dalam kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid menggunakan analisis SWOT yang disinkronkan dengan konsep mengendarai mobil, yakni lihat, sesuaikan, belok, gas, dan rem. Analisis SWOT menangkap kekuatan dan kelemahan utama yang ada di dalam kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid, serta menggambarkan peluang dan ancaman yang dihadapi. ENGLISH : Pesantren in the development of society has the challenge to realize the da’wah kahartos Jeung karaos (understandable and perceived). Community improvement is not enough just to lecture but also on the welfare of the people. Islamic da’wah is easy to understand but it can not be felt. For example, in a disaster the cleric appealed to the people to be patient, be patient, and be patient. While the minister was keen to spread the goodness without much talk. This is what is meant that the mission must be understood and perceived. Da'wah kahartos Jeung karaos the motivation of the establishment of Eco Pesantren Daarut Tauhiid. The mission is realized through the establishment of entrepreneurial schools. Eco Pesantren Daarut Tauhiid entrepreneurial management not be separated from the process of communication, in particular business communications. Inspiring communication skills in the process of argument, also achieved success in persuasion. The purpose of this study, namely: 1) To know the process of conveying information in business communication on entrepreneurship Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 2) To know the process of persuasion in business communication on entrepreneurship Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 3) To know the innovations in business communication on entrepreneurship Eco Pesantren Daarut Tauhiid. 4) To know the evaluation in business communication on entrepreneurship Eco Pesantren Daarut Tauhiid. This study uses a case study with a qualitative approach. Used the diffusion of innovation theory and models related to AIDA (attention, interest, desire, and action. This study also uses SWOT analysis (streng, weakness, opportunity and threat). The results showed, the delivery of information carried by the friendliness, simplicity, appropriateness, and connectedness. Persuasion process marred complexion goodness and strength is reflected in the character of discipline, courage, honesty, sincerity, toughness, and ketawadhuan. This persuasion is formulated with AIDA models associated with attention (attention), interest (interest), desire (desire), and action (action). Eco entrepreneurial innovation in boarding school dormitory Daarut Tauhiid include bamboo communicative, the results in the agribusiness system, and custody of merchandise in the shop together. Evaluations are conducted in entrepreneurial Eco Pesantren Daarut Tauhiid using SWOT analysis synchronized with the concept of driving a car, the look, adjust, turn, gas, and brake. SWOT analysis captures the main strengths and weaknesses in the entrepreneurial Eco Pesantren Daarut Tauhiid, and describes the opportunities and threats faced.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi bisnis; kewirausahaan; Eco Pesantren Daarut Tauhiid; difusi inovasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 12 Apr 2019 09:42
Last Modified: 12 Apr 2019 09:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item