Pemberdayaan perempuan melalui koperasi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi: Studi deskriptif di Koperasi Wanita Mekar Saluyu Kampung Cihuni Desa Jambelaer Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang

Sari, Sumia Anggita (2017) Pemberdayaan perempuan melalui koperasi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi: Studi deskriptif di Koperasi Wanita Mekar Saluyu Kampung Cihuni Desa Jambelaer Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Tidak sedikit orang yang memandang bahwa peran perempuan hanya sebatas peran domestik saja. Padahal perempuan berhak untuk mengasah potensi dirinya di luar peran domestik tanpa mengesampingkan kodratnya sebagai seorang istri, ibu rumahtangga, serta ibu keluarga. Karena pada kenyataannya perempuan juga mampu membantu permasalahan kesejahteraan sosial maupun ekonomi baik bagi dirinya, keluarganya, maupun negara. Maka dari itu, sebagai salah satu upaya pemberdayaan perempuan tercetuslah ide tentang koperasi wanita dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Koperasi Wanita Mekar Saluyu dalam menciptakan iklim serta memperkuat potensi keberdayaan pada komunitas perempuan di Kp. Cihuni Ds. Jambelaer Kec. Dawuan Kab. Subang, dan mengetahui hasil yang dicapai dalam pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Koperasi Wanita Mekar Saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Feminisme oleh Olenburger dan moore. Pada dasarnya teori ini menggambarkan tentang hak-hak wanita dalam memberdayakan dirinya dalam 4 aspek, yaitu hak untuk politik, hak untuk sosial, hak untuk ekonomi, dan hak untuk penentuan diri secara intelektual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dskriptif kualitatif, yaitu data-data yang dikumpulkan berupa data-data empiris yakni fakta-fakta di lapangan, berupa penjelasan tentang strategi pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Wanita Mekar Saluyu dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif mengenai data-data dari pihak bersangkutan. Sumber data yang didapat berasal dari staf pengurus Koperasi Wanita Mekar Saluyu dan dari anggotanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat khususnya kaum perempuan Kampung Cihuni Desa Jambelaer Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang memiliki potensi, keahlian, dan keterampilan yang terpendam karena tidak ada tempat yang mewadahi mereka untuk melatih potensi dirinya. Namun setelah adanya Koperasi Wanita Mekar Saluyu kaum perempuan semakin berdaya dengan adanya penyuluhan, pembinaan, dan pelatihan. Mereka diberikan pembinaan serta pelatihan dalam masalah manajemen usaha, pengelolaan keuangan, pelatihan keterampilan diri, pemberian pengetahuan tentang koperasi, dan sebagainya. Sehingga kaum perempuan setempat lebih berdaya dari segi pengetahuan atau pendidikan, sosial, keagamaan, terutama ekonomi. oleh karena itu, penelitian ini juga bisa dikatakan berhasil melihat adanya peningkatan keberdayaan kaum perempuan yang ada di Kampung Cihuni Desa Jambelaer Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Perempuan; Kesejahteraan; Ekonomi;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: anggita sumia
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:30
Last Modified: 16 Apr 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item