Konstruksi identitas wanita muslimah perkotaan : Studi fenomenologi pada komunitas hijabers Bandung

Rojiati, Umi (2016) Konstruksi identitas wanita muslimah perkotaan : Studi fenomenologi pada komunitas hijabers Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

INDONESIA : Muslimah perkotaan yang terkumpul dalam Komunitas Hijabers menerima globalisasi dan hidup di dalamnya, namun disaat yang bersamaan mereka juga meresponnya dengan meciptakan selera globalnya sendiri, dengan tidak meninggalkan identitas sebagai seorang muslim. Muslimah kota ini berusaha merekayasa mode yang tren dan disesuaikan dengan nilai-nilai syar’i. Komunitas ini tumbuh dalam lingkungan perkotaan dengan identitas baru melalui transformasi hijab sebagai simbol modernisme. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Komunitas Hijabers membangun identitas mereka sebagai muslimah perkotaan; 2) Untuk mengetahui Komunitas Hijabers membentuk identitas mereka sebagai muslimah perkotaan dan; 3) Untuk mengetahui Komunitas Hijabers memperkenalkan identitas mereka sebagai muslimah perkotaan. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi, dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah modus eksistensi dari Erich Fromm, fashion sebagai komunikasi dari Malcolm Barnard dan teori Identitas dari Manuel Castells Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas Hijabers berupaya mengubah konstruksi citra masyarakat terhadap muslimah berhijab yang selama ini masih dipandang kuno, tidak gaul, tidak bisa gaya, kaku dan kolot. Komunitas Hijabers mengkonstruksikan citra bahwa penggunaan hijab tidak akan membatasi ruang gerak muslimah, baik dalam konteks pergaulan maupun berkarya sesuai yang dicita-citakan perempuan, serta menumbuhkan kesadaran dan minat para muslimah untuk mengenakan hijab sesuai dengan perintah atau ajaran Islam bagi seorang muslimah. Komunitas Hijabers berupaya membentuk identitas mereka sebagai muslimah perkotaan dengan simbol hijab fashionable yang menjadi pemersatu mereka dalam Komunitas Hijabers dan menggunakan bahasa Arab dan Inggris pada setiap tema atau judul event untuk menunjukkan bahwa mereka selalu mengikuti tren dengan penggunaan bahasa. Komunitas Hijabers berupaya memperkenalkan makna hijab dan pemakainya melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakannya seperti Hijab and Beauty Class, Pengajian Bulanan, Hijab Day Out, Ghatering, Safari masjid dan Mall. Secara kelembagaan dan internal Komunitas Hijabers Bandung dalam memperkenalkan identitasnya menggunakan buku atau majalah dan media sosial, seperti Blog, Facebook, Instagram dan Twitter. Komunitas Hijabers Bandung juga selalu bekerja sama dengan berbagai media dalam setiap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, diantaranya; Rajawali Televisi, ARDAN 105,9 FM Bandung, URBAN 106,3 FM, 107,5 PR FM, 102,7 MQ FM, RAKA FM Bandung. ENGLISH : Modern muslimah in Hijabers Community receive the globalization and live in there, but in the same time they are respons to create their global fashion. They do not leave the identity as a muslim. Modern muslim try to create the fashion and trend appropriate syar’i value. This community grow up in modern environment with new identity through hijab transformation as a modernism symbol. This research objective are; 1) to know Hijabers Community build their identity as a modern muslimat; 2) to know Hijabers Community make their identity as a modern muslimat; and 3) to know how Hijabers Community ways to introduce their identity as a modern muslimat. This research use fenomenology method with qualitative approach. The theory used is “Modus Eksistensi” by Erich Fromm, Fashion as Community by Malcolm Barnard and Identity Theory by Manuel Castells. This result analysis show that Hijabers Community try to change the image of society about muslimat who wearing hijab is old fashioned, not modern, unfashionable, ungainly and old. Hijabers Community is construct the image that wearing hijab will not limit the activity of muslimat, in a contex environment or do ther passion. They are create awareness and interest muslimat to wearing hijab with command or Islam rule for a muslimat. Hiijabers Community make serious effort to form their identity as a modern muslimat with fashionable hijab to be their unifier in Hijabers Community and use Arabic and English language in every theme or tittle event to show that they always follow trend with use language. Hijabers Community make serious effort to introduce the meaning of hjjab and people who wearing with event such as Hijab dan Beauty Class, Recitation Every Month, Hijab Day Out, Gathering, Safari Mosque and Mall. In institution and internal of Hijabers Community Bandung to introduction their identity use a book of magazine in social media, such as blog, facebook,instagram and twitter. Hijabers Community Bandung also work together with some of media in every events. They are; Rajawali Television, ARDAN 105, 9 FM Bandung, URBAN 106, 3 FM, 107,5 PR FM, 102,7 MQ FM, RAKA FM Bandung

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Identitas; Muslimah Perkotaan; Komunitas Hijabers
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Fikih Wanita
Communities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:55
Last Modified: 16 Apr 2019 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item