Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan strategi plantet question di SMP Islam Al-Maliyah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi

Fuad, Jauharul (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan strategi plantet question di SMP Islam Al-Maliyah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover 2017.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8.DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11.BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Banyak siswa yang kurang menyukai dan kurang merespon mata pelajaran PAI yang terlihat dari keadaan kelas yang pasif dan siswa hanya mengembangkan kemampuan mengingat dan hafalan saja, kurang bersemangat dalam belajar, sehingga kadar keaktifan siswa menjadi rendah dan kurang mengembangkan kemampuan siswa. Sebaiknya strategi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kondisi siswa, waktu pembelajaran dan lain-lain. Maka sebab ini, guru dituntut untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat. Jika tidak menerapkan pembelajaran yang tepat maka akan terjadi miskonsepsi terhadap pesan yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut, akibatnya siswa merasa jenuh sehingga nilai yang diperoleh siswa selalu di bawah KKM 70. Hal Ini, guru belum mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran Plantet Question, (2) Observasi aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran Plantet Question, (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Plantet Question. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, maka diperlukan suatu kondisi belajar yang aktif dan melibatkan partisipasi seluruh siswa. Hal ini dapat terwujud dengan menerapkan strategi pembelajaran Plantet Question yang mampu mengaktifkan proses pembelajaran dan melibatkan siswa secara aktif dan berani untuk bertanya. Dalam penelitian ini penulis mengajukan hipotesis bahwa penerapan strategi pembelajaran Plantet Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perilaku Terpuji (ikhlas, sabar, dan pemaaf). Untuk membuktikan hipotesis tindakan di atas, diadakan penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Metode yang digunakannya adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kelas VII-6 di SMP Al-Maliyah Sukatani sebanyak 37. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari format observasi dan post tes. Dari hasil penelitian diperoleh kenaikan hasil belajar dari siklus I yaitu 32,35% yag dikategorikan belum tuntas, siklus II diperoleh nilai 64,86% yang dikategorikan mengalami peningkatan, sedangkan pada siklus III nilai rata-ratanya adalah 88,23% yang dikategorikan tuntas belajar. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Plantet Question mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; strategi plantet question;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: jauharul fuad
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:50
Last Modified: 16 Apr 2019 04:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item