Pengaruh Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Rasio Leverage dan nilai tukar rupiah (kurs) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI Periode Tahun 2006-2015

Haq, Nida Ul (2017) Pengaruh Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Rasio Leverage dan nilai tukar rupiah (kurs) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI Periode Tahun 2006-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan hal yang sangat penting terutama bagi pemilik perusahaan yaitu pemegang saham, karena modal yang ditanamkan berupa uang yang diinvestasikan diharapkan dapat memberikan imbalan yang sepadan secara berkesinambungan. Salah satu indikator kemakmuran dari pemegang saham dapat dilihat dari Return On Equity (ROE). Melalui ROE, dapat diketahui seberapa besar tingkat efisiensi dan efektivitas dari kinerja investasi, operasi dan pendanaan dari perusahaan. Untuk itu tujuan dari tulisan ini adalah ingin mengkaji apakah faktor internal, seperti Total Debt to Equity, Total Assets Turnonver , Net Profit Margin dan faktor eksternal berupa Nilai Tukar Rupiah (Kurs) mempengaruhi Return On Equity (ROE) perusahaan telekomunikasi yang go publik di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dan Verifikatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan telekomunikasi dari tahun 2006-2015. Sumber yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan terdapat pada Bursa Efek Indonesia yang dapat diakses melalui www.idx.com, juga data kurs tahunan yang diambil dari www.bi.go.id. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa secara keseluruhan, variabel bebas secara simultan (bersama-sama) dengan menggunakan uji F, mempunyai pengaruh signifikan terhadap Return On Equity, di mana dengan nilai Fhitung sebesar 292,5731 dan tingkat signifikansi 0,000 atau 0,000 % lebih kecil dari 5%. Berdasarkan hasil regresi dengan menggunakan uji t atau secara parsial, ternyata bahwa: hanya total assets turnover dan debt to equity rasio sebagai variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan terhadap Retun On Equity. Sedangkan Net Profit Margin dan dan Kurs Rupiah tidak berpengaruh terhadap Return On Equity. Koefisien determinan (R2) = 0,95 artinya bahwa sebesar 95,51 % perubahan variabel dependen ROE dipengaruhi oleh TATO, NPM, DER dan Kurs, sedangkan sisanya 4,49 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antar variabel sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity; Total Assets Turnonver; Net Profit Margin; Leverage ratio; Nilai Tukar Rupiah
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:14
Last Modified: 18 Apr 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item