Metode diskusi lembaga kajian dan pengembangan sumber daya manusia : Studi terhadap diskusi keagamaan di Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya

Ghani, Agi M. Abdul (2017) Metode diskusi lembaga kajian dan pengembangan sumber daya manusia : Studi terhadap diskusi keagamaan di Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Kegiatan diskusi merupakan suatu metode dakwah yang tercantum dalam al-Qur’an yang selama ini cenderung kurang populer. Lakpesdam NU adalah perangkat ormas NU yang berfungsi sebagai lembaga kajian isu-isu strategis dan pemberdayaan manusia untuk transformasi sosial yang berkeadilan dan bermartabat. Metode kajian diskusi Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya terkait dengan keislaman, menekankan aspek rasionalitas, argumentasi, dan aspek penunjang diskusi lainnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, proses pertukaran pemikiran yang terjadi dalam kegiatan diskusi di Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya, dan mengetahui bagaimana orang-orang yang terlibat pada kegiatan diskusi tersebut mengemukakan pendapatnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dikaji, dalam kegiatan diskusi di Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya, serta mengetahui tujuan dari kegiatan diskusi tersebut. Pendekatan terhadap masalah diatas menggunakan pendekatan teori metode dakwah diskusi yang dikemukakan oleh M. Ali Aziz, bahwa kegiatan diskusi merupakan aktivitas pertukaran pendapat yang terjadi diantara beberapa orang secara lisan, membahas permasalahan tertentu dengan teratur, guna mencari sebuah kebenaran. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma interpretif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan sumber data yang ada dalam penelitian ini terbagi kedalam dua macam, yakni sumber data primer serta sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap, yakni tahap identifikasi data, kategorisasi data, reduksi data, seleksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, teknis kegiatan diskusi yang dilakukan oleh Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya dilakukan secara bebas dan santai, namun tetap pada koridor pertukaran pemikiran yang serius, serta berjalan secara demokratis. Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan diskusi tersebut, mengemukakan pendapatnya secara argumentatif dengan menggunakan buku-buku kontemporer ataupun kitab-kitab klasik. Materi atau permasalahan yang dikaji dalam kegiatan diskusi rutin ini selalu bersifat faktual dan aktual. Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, menumbuhkan sikap toleransi, namun tetap menjaga bingkai-bingkai perbedaan pendapat diantara para peserta diskusi. Hakikat dari metode diskusi yang dikembangkan oleh Lakpesdam PCNU kota Tasikmalaya, lebih sebagai proses mengeksplorasi pengetahuan, sosialisasi ilmu, internalisasi penghayatan dan pemahaman isu-isu keagamaan kontemporer, yang tetap menjaga bingkai-bingkai perbedaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode dan Diskusi
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:51
Last Modified: 22 Apr 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item