Pengaruh penggunaan media microsoft power point terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Ash – Shiddiq Cililin Bandung Barat

Azizah, Nursyayyida (2016) Pengaruh penggunaan media microsoft power point terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Ash – Shiddiq Cililin Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSRTAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemukan pada siswa kelas VII MTs Ash-Shiddiq Cililin Kabupaten Bandung Barat yang kurang dalam memperhatikan pelajaran dan kurangnya aktivitas siswa di dalam kelas pada mata pelajaran Biologi, di antaranya siswa mengobrol dengan teman di dalam kelas pada saat guru sedang menjelaskan dan melamun. Hal tersebut menjadikan siswa tidak memahami apa yang telah disampaikan oleh guru, keberhasilan pencapaian suatu kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya adalah pada penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Power Point pada materi organisasi kehidupan. Belajar diartinkan sebagai aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. Belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap (Gledler dalam Aunurrahman, 2009: 38). Metode penelitiannya adalah Quasi Eksperimenal dengan desain penelitian Nonequivalen control group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VII MTs Ash-Shiddiq Cililin Bandung Barat. Populasi dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB dengan jumlah siswa masing – masing kelas 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dengan menggunakan media Power Point diperoleh rata – rata 91,93% terlaksana dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh rata – rata nilai tes awal sebesar 48,4, tes akhir sebesar 70, dan Gain sebesar 20,2 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan media Power Point diperoleh rata – rata nilai tes awal sebesar 41,6 dan hasil tes akhir sebesar 51,2 dan Gain 11,6 dengan kategori rendah. Hasil uji t Gain pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung adalah 3,37. Sedangkan tTabel = 1,17 dengan demikian, Jika thitung > tTabel, artinya terdapat pengaruh secara signifikan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media Power Point terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Microsoft Power Point; Organisasi; Fenomena;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Apr 2019 02:00
Last Modified: 26 Apr 2019 02:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item