Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe write around untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: PTK di kelas IV MI Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang

Musyrifah, Nadiya (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe write around untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: PTK di kelas IV MI Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kegiatan pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang berpusat pada guru, sehingga siswa kesulitan dalam proses pembelajaran menulis karangan narasi, yang mengakibatkan siswa kesulitan dalam membuat topik utama, kalimat awal, kalimat penjelas dalam sebuah paragraf. Oleh sebab itu, guru harus berinovasi untuk menentukan model yang tepat yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe write around. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe write around. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around. Model pembelajaran kooperatif tipe write around merupakan suatu model pembelajaran berkelompok dengan semua siswa dalam satu kelompok tersebut harus bergantian memberikan ide pemikirannya yang dituangkan dalam tulisan sehingga akan menjadi sebuah karangan yang utuh dan siswa dapat memberi kesimpulan dari karangan yang mereka buat bersama dengan temannya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data: observasi dan tes. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa, laki-laki 10 siswa dan perempuan 15 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tahapan dalam penelitian ini dalam bentuk siklus, setiap siklusnya dua tindakan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan meliputi keterampilan menulis siswa serta aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan tes. Hasil aktivitas guru siklus I tindakan I yaitu 68%, tindakan II 71,4%, sedangkan pada siklus II tindakan I yaitu 80% dan tindakan II 87%. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I 60,4%, tindakan II 70,8%, sedangkan pada siklus II tindakan I 81,1% dan siklus II tindakan II 92,8%. Berdasarkan aktivitas guru dan siswa setiap tindakan dari siklusnya terus meningkat. Ketuntasan belajaran secara klasikal siswa 40% pada siklus I tindakan I, 60% pada siklus I tindakan II, kemudian pada siklus II tindakan I 60% dan 80% pada siklus II tindakan II. Peningkatan juga terjadi pada hasil rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 71 pada siklus I tindakan I, 74 pada siklus I tindakan II, kemudian pada siklus II tindakan I 76 dan 79 pada siklus II tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe write around dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV MI Cikoneng Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Model Pembelajaran Kooperatif tipe Write Around; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiya Musyrifah
Date Deposited: 03 May 2019 03:03
Last Modified: 03 May 2019 03:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item