Pengaruh metode pembelajaran analogi pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap penguasaan konsep siswa SMA : Penelitian terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Al-Ma’soem Sumedang

Maulana, Ovi Syafiatul (2016) Pengaruh metode pembelajaran analogi pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap penguasaan konsep siswa SMA : Penelitian terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Al-Ma’soem Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa memahami konsep sistem organ. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep tersebut yaitu melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran analogi pada materi sistem pertahanan tubuh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, penguasaan konsep siswa, pengaruh dan respon siswa terhadap pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap pembelajaran yang menggunakan dan tanpa menggunakan metode pembelajaran analogi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA Al-Ma.soem Jatinangor-Sumedang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest, posttest, serta observasi dan angket sebagai data penunjang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh yang menggunakan metode pembelajaran analogi memperoleh nilai pretest 44, nilai posttest 65,33 dengan kategori cukup dan gain sebesar 21,33, sedangkan siswa yang tanpa menggunakan metode pembelajaran analogi memperoleh rata-rata nilai pretest 38,44, nilai posttest 58,07 dengan kategori rendah dan Gain sebesar 19,63. Berdasarkan perhitungan diperoleh Thitung = 3,33 dan Ttabel = 2,01, dengan demikian thitung = 3,33 > ttabel = 2,01. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran analogi berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analogi; Penguasaan Konsep; Sistem Pertahanan Tubuh
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 May 2019 03:14
Last Modified: 03 May 2019 03:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item