Pengaruh program Aditantra terhadap peningkatan kesadaran masyarakat masyarakat akan kebersihan: Kajian di RW 03 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Zaini, Elva Rachmawati (2016) Pengaruh program Aditantra terhadap peningkatan kesadaran masyarakat masyarakat akan kebersihan: Kajian di RW 03 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

Permasalah lingkungan yang terjadi di Kota Bandung yang disebabkan oleh sampah kian meningkat. Meningkatnya volume sampah diakibatkan karena sifat konsumtif masyarakat. Untuk mengatasi masalah sampah ini pemerintah Kota Bandung berinisiatif mengadakan sebuah kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan yang disebut dengan program Aditantra. Salah satu wilayah yang mengkuti kegiatan pemerintah ini adalah Kelurahan Cipadung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana efektivitas program Aditantra. (2) Bagaimana kesadaran masyarakat akan kebersihan. (3) pengaruh efektivitas program Aditantra terhadap peningkatan kesadaran masyarakat akan kebersihan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Struktural Fungsional Talcott Parsons dengan skema AGIL (Adabtation, Goal Attainment, Integration, Latency). Dalam teori ini menjelaskan Kerusakan lingkungan sebagai akibat tidak selarasnya peran dan fungsi sistem dalam pencapaian tujuan konservasi dan penyelamatan lingkungan yang diharapkan. Adapun sistemnya yaitu program Aditantra yang dibuat oleh pemerintah Kota Bandung untuk tingkat Kelurahan. Sedangkan yang berperan dalam menjalankan program ini yaitu pemerintah kelurahan dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 64 KK dengan hitungan menggunakan rumus slovin. Untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua menggunakan hitungan rumus rata-rata. Untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga menggunakan uji korelasi Pearson dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penghitungan mengenai efektivitas Aditantra di Kelurahan Cipadung diperoleh nilai sebesar 60%. Dengan Tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan menunjukan hasil 90%. Adapun pengaruh variabel bebas X (efektivitas program Aditantra) terhadap variabel Y (peningkatan kesadaran masyarakat akan kebersihan) yaitu sebesar 21,2%. Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara keduanya sangat rendah sesuai dengan nilai pada tabel interprestasi koefisien korelasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Software; Aplikasi; Sample;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 03 May 2019 02:16
Last Modified: 03 May 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item View Item